Ketua DPD GMPK Agus Firman Hutapea” Himbau Anggota DPD GMPK Pantau Penyaluran Raskin Dan Realisasi Dana Desa Tahun 2017

Tanjung Jabung Timur – Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi Agus Firman Hutapea belum lama ini jumat 2/2 2018 intruksikan kepada seluruh anggota DPD GMPK yang dikukuhkan pada 11/1 2018 oleh ketua umum Bibit Samad Riyanto yaitu satgas kementerian desa di kabupaten tanjung jabung timur, dihadiri forkompimda dan para camat, lurah beserta kepala desa.

Agus menjelaskan sesuai dengan amanah dan pakta interigiritas yang diikrarkan oleh anggota, maka diharapkan dalam melakukan kontrol kesetiap desa agar ikut memantau keberadaan penyaluran beras untuk masyarakat miskin (raskin).

Karena menurut agus bahwa penyaluran raskin di tanjung jabung timur rawan kecurangan dilakukan oleh kepala desa.
Salah satunya di desa Pematang Rahim, kecamatan mendahara ulu, yang diduga ada manipulasi data warga miskin.

Agus menjelaskan dugaan tersebut karena warga banyak yang melapor tidak mendapat raskin “padahal warga tersebut jelas terdaftar sebagai warga miskin.
Selain itu pihak desa juga ada pemotongan sebanyak 5kg oleh Rt dibagikan kepada warga yang tidak berhak.
Sementara yang berhak ada yang tidak kebagian. Jadi menurut saya ini tidak bisa dibiarkan, perlu diusut sampai tuntas, kami akan melaporkan hal ini kepihak berwajib hingga ke mabes polri.

Ketika ditanya soal penggunaan dana desa tahun 2017 ” Dia menjelaskan bahwa saat ini anggota GMPK sudah bekerja yaitu melakukan kunjungan ke desa desa. Alhasil dilapangan kata Agus, pelaksanaan dana. desa di tanjung jabung timur belum maksimal. Maksudnya adalah masih banyak kecurangan yang yang tidak sesuai dengan pagu dengan fakta phisik.

Salah satu di Desa pandan sejahtera dua item pekerjaan yaitu pembangunam satu unit Box Culver 3X2.2X2.2m dianggarkan 72.518.000. dan pembangunan saung Paud 1,5X1.5m senilai 61.263.000.

Jadi banyak fakta fakta yang didapat oleh anggota GMPK yang masih jauh dari harapan kita sesuai progaram Presiden Jokowi.
Dalam rangka seratus hari kerja GMPK kami sudah mempersiapkan laporan ke KPK, BPK, dan tipikor sampai ke kemendes.

Kami akan bekerja sesuai dengan harapan pak Ketua Umum Bibit Samad Riyanto mudah mudahan kawan kawan anggota GMPK dapat bekerja dengan maksimal walaupun dengan biaya sendiri.

Ketika disinggung soal perekrutan anggota di setiap kecamatan” Agus mengatakan sudah menginstruksikan kepada rekan anggota supaya mencari anggota yang siap bekerja dalam pengawalan dana desa dan mudah mudahan masyarakat ada yang siap bergabung, harapnya. (jumi)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS