Hidup Yang Terlalu Bersih Ternyata Gampang Sakit

Jakarta – berantasnews. Menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan adalah hal penting untuk Kesehatan. Terutama bagi keluarga dan anak-anak. Namun benarkah hidup yang selalu bersih akan membebaskan Anda dari penyakit atau sebaliknya? Penelitian menemukan fakta unik bahwa orang yang hidup terlalu bersih ternyata gampang sakit. Mengapa demikian ?

Alasan Orang yang Hidup Terlalu Bersih Gampang Sakit
Jika Anda pencinta kebersihan dan tidak tahan dengan sedikit kotor, sebaiknya berhati hati. Hidup bersih memang sehat. Namun perlu diketahui bahwa saat tubuh kita berinteraksi dan terpapar dengan dunia luar, tubuh akan memproduksi sel imun (sel darah putih/leukosit) yang berfungsi memerangi semua kuman, bakteri, dan zat-zat asing yang berbahaya. Jika Anda bersikap santai dan tidak mempermasalahkan sedikit debu, kotor, atau paparan dari lingkungan luar, tubuh otomatis akan terlatih untuk menambah sistem imun sebagai bentuk pertahanan diri. Sebaliknya, jika Anda bersikap anti kotor dan dan debu, hanya mau hidup dengan segala sesuatu yang bersih mengkilap, bisa jadi sistem imun Anda tidak terlatih dan berada pada tingkat yang rendah. Sekalinya terpapar lingkungan yang kotor, bisa berbahaya karena bisa-bisa Anda tidak imun dan menjadi sakit.

Ternyata hal ini berlaku juga untuk anak-anak, benarkah anak terlalu steril mudah sakit? Kita analogikan anak-anak perkotaan dan pedesaan yang memiliki kehidupan dan latar belakang berbeda. Anak-anak kota dengan orang tua berada cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan yang tertutup dan serba bersih. Jarang sekali terpapar lingkungan luar atau main berkotor-kotor. Rumah, pakaian, makan minum pun semua serba bersih. Sedangkan anak-anak desa cenderung bebas berkeliaran diluar rumah semaunya. Bermain tanah, pasir, mandi disungai, hujan-hujanan, memetik buah dan makan dengan tangan yang kotor, minum air pancuran, dll. Kira-kira yang mana yang lebih imun? pasti Anda menjawab anak Desa. Karena dengan gaya hidup seperti itu, anak kota cenderung mudah sakit jika sekali saja kehujanan, atau terpapar debu dan kotoran.

Hidup terlalu bersih justru mengundang penyakit dibuktikan dari sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal berjudul “Social Science and Medicine”, bahwa penyakit yang disebabkan oleh lemahnya imunitas tubuh seseorang bisa disebabkan karena perilaku masa kecilnya yang meliputi aspek psikologis serta perilaku. Contohnya, anak perempuan suka suka bermain di dalam ruangan dan mengenakan pakaian lebih bersih daripada anak laki-laki. Sehingga hal ini bisa menyebabkan perbedaan dalam jumlah maupun jenis kuman pada anak perempuan dibandingkan anak laki-laki, ini juga menjelaskan beberapa perbedaan kesehatan antara pria dan wanita. Itulah sebabnya, wanita biasanya cenderung lebih rentan untuk sakit daripada pria.

Lakukan Hal Ini Jika Tak Ingin Gampang Sakit
Perlu diingat bahwa bagi yang terlalu bersih justru lebih gampang sakit. Hidup yang terlalu bersih akan membuat kekebalan tubuh menjadi rentan dan disorientasi. Tubuh tidak terbiasa berinteraksi dengan kuman dan sistem imun tidak terlatih. Menyebabkan kenaikan dalam respon alergi yang serius bahkan terhadap debu yang ringan sekalipun.

Beberapa tips agar konsep kebersihan Anda seimbang:

1. Bersihkan seperlunya
Rumah yang bersih dan nyaman memang menyenangkan. Bersihkan sewajarnya saja dan beri perhatian ekstra di area kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Tidak perlu menutup rapat rumah Anda, beri ventilasi yang cukup agar sinar matahari dan udara luar bebas masuk.

2. Perbanyak aktivitas luar ruangan
Jangan melulu di dalam ruangan. Sesekali beraktivitas di luar dan biarkan anak-anak bermain dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitar untuk melatih sistem imun. Jangan mengekang mereka untuk tetap steril dan bersih sepanjang waktu.

3. Bersikap santai
Tidak terlalu gila akan kebersihan bukan berarti Anda harus menjadi kotor. Bersikaplah santai dan seimbang. Jangan bersikap anti kotor, namun lakukan segala sesuatu sewajarnya. Lakukan tindakan pencegahan yang penting serta tetaplah nikmati hidup.
Baca Juga : Inilah Lima Manfaat Memilihara Jenggot Bagi Kesehatan

Semoga penjelasan diatas menyadarkan kita cara menyikapi kebersihan dengan sewajarnya. Bersikap terlalu apik dan bersih juga berdampak tidak baik untuk kesehatan karena orang yang hidup terlalu bersih ternyata gampang sakit.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS