Kapolri dan Panglima TNI Laksanakan Pengecekan dan Memantau Sarana Fasilitas Umum

Jawa Tengah – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian terjun langsung ke beberapa titik di sepanjang jalur mudik jalur trans Jawa dan jalur mudik lebaran wilayah Tol Ngawi, Minggu (10/6/2018).

Setelah melaksanakan pemantauan di jalur Tol Cikopo, pukul 10.30 WIB rombongan meninjau arus mudik di wilayah Jawa Tengah dengan menggunakan tiga helikopter dan mendarat di Stadion Karangberahi. Peninjauan dilanjutkan ke Rest Area Petarukan melalui GT Brexit untuk melihat fasilitas pendukung seperti pom bensin, musala, dan toilet.

Usai melihat dan menyapa para pemudik di GT Kertasari, Panglima TNI dan Kapolri mendapat paparan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Wuryanto. Selanjutnya rombongan juga melaksanakan live streaming/vicon dengan Pos Kalikuto Batang untuk mengetahui perkembangan situasi arus mudik.

Kapolri memberikan penekanan agar di empat titik seperti di Kalikuto, Krincing, Kertasari, dan Cikopo yang ada posko bersama yakni Polri, TNI, Basarnas, Pertamina, Kesehatan, agar diperhatikan kesiapan ketersediaan makanan dan toilet. Sementara Panglima TNI mengatakan, arus mudik dapat berjalan aman dan lancar seperti yang disampaikan menteri terkait.

Yang ingin kita soroti adalah kemungkinan kerawanan di wilayah Cikopo, Krincing, Kertasari, dan Kalikuto. Saran kepada Bu Menkes agar dititik pelayanan kesehatan rawan tersebut tempatkan juga fasilitas ICU yang kemungkinan itu terjadi blok dan sebagainya itu bisa kita arahkan pemudik untuk kita bantu kesehatannya di posko tersebut,” ucap Panglima TNI.

Tampak hadir mendampingi Panglima TNI dan Kapolri dalam pemantauan arus mudik tersebut di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MenPUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Selanjutnya Panglima TNI dan rombongan melanjutkan pemantauan arus mudik melalui udara.(hy/fjr)

CATEGORIES
TAGS
Share This