Menyelenggarakan Talkshow “Melek Problematika Pemuda Islam

Menyelenggarakan Talkshow “Melek Problematika Pemuda Islam

Pontianak – Talkshow “Melek Problematika Pemuda Islam” merupakan kolaborasi antara PAKTA FH Untan dan FKMI Al-Mizan FH Untan. Talkshow ini dilaksanakan di Musholla Al-Mizan Fakultas Hukum Untan dengan Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA sebagai narasumbernya. Diketahui Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA merupakan Rektor Universitas Tanjungpura 2011-2015 dan 2015-2019 serta saat ini Beliau menjabat sebagai ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Kalbar.

Ironisnya problematika dikalangan pemuda islam menjadi salah satu alasan mengapa talkshow ini diadakan selain untuk menyemarakkan Milad FKMI Al-Mizan FH Untan. Turutnya PAKTA FH untan dalam agenda ini merupakan bukti hubungan dekat antara PAKTA dengan Mizan.

Talkshow yang menarik ini bukan hanya dihadiri dikalangan mahasiswa namun juga dihadiri oleh siswa/siswi dari berbagai SMA/MA di Kota Pontianak. Hadir juga dalam agenda Ketua Umum FKMI Al-Mizan FH Untan; Jailani dan Ketua Umum Pusat Kajian Ilmiah dan Riset Mahasiswa (PAKTA) FH Untan; Muhammad Jasmi.

Dalam bahasannya Prof. Thamrin mengingatkan kepada peserta tentang isi Q.S. Al-Anfal : 2 – 4 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetar hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (Yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia”. Dipenutup Beliau berpesan “Mahasiswa Hukum juga harus beriman. Karena Insan hukum juga memegang andil dalam penyelesaian-penyelesaian masalah di negara ini. Jadikan iman sebagai modal dalam menegakkan hukum”. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This