Sertifikasi HAM Sebagai Persyaratan Pendidikan dan Birokrasi

Sertifikasi HAM Sebagai Persyaratan Pendidikan dan Birokrasi

Oleh Saiful Chaniago Waketum DPP KNPI

BN – Birokrasi adalah organisasi yang dijalankan oleh pegawai pemerintah dan memiliki rantai komando. Birokrasi bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan publik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan pendidikan, memiliki nilai yang sangat besar ‘guna kemudian mempengaruhi setiap diri manusia ke arah perkembangan serta kemajuan dirinya berdasarkan ilmu pengetahuannya. Karenanya, birokrasi dan pendidikan sama-sama memiliki tujuan untuk kemudian memastikan kebutuhan masyarakat secara optimal.

Dalam konteks memastikan optimalisasi nilai pendidikan dan birokrasi, maka sepatutnya nilai hak asasi manusia menjadi sangat penting, agar menjadi bagian terpenting dalam diri semua pihak yang menunaikan kepentingan pendidikan dan birokrasi di Indonesia. Alasannya adalah, bahwa apabila dalam diri semua orang yang telah memiliki pemahaman dan kesadaran terhadap nilai hak asasi manusia, maka mereka ‘akan senantiasa menjalankan tugas dan tanggungjawabnya secara baik, secara benar, dan penuh rasa tanggungjawab. Karena telah terpatri dalam diri mereka nilai-nilai yang berkaitan dengan hak asasi manusia.

#Sertifikasi
Sertifikasi adalah proses untuk mendapatkan pengakuan atas kompetensi dan kemampuan seseorang dalam suatu bidang pekerjaan. Sertifikasi biasanya berupa dokumen yang menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi syarat tertentu untuk menjalankan suatu peran. Maka, demi mewujudkan kemajuan Indonesia kearah sebaik-baiknya, tentunya sertifikasi hak asasi manusia atau HAM merupakan bagian yang sangat penting dalam mendorong akselerasi kemajuan Indonesia kedepannya. Dengan demikian, sertifikasi HAM sepatutnya menjadi persyaratan kepada setiap warga negara untuk terlibat dalam kepentingan pendidikan dan birokrasi.

Kemajuan Indonesia ataupun Indonesia emas, menurut kami ; ‘tidak saja berdasarkan nilai optimalisasi ekonomi secara nasional. Akan tetapi, Indonesia emas membutuhkan kemajuan pada semua aspek kehidupan manusia Indonesia dari sabang hingga merauke secara optimal dan secara terukur nilainya, ‘nilai yang mampu memastikan kehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara seimbang dan secara merata terhadap kebutuhan kehidupannya secara substansial. Substansialisasi nilai manusia, tentunya adalah nilai yang berkaitan dengan hak-hak dasarnya alias hak asasi manusia.

Kami memandang, Indonesia sudah saatnya lebih mempertegas komitmen kebangsaannya secara optimal. Sebagaimana ketegasan pernyataan presiden Indonesia Prabowo Subianto ‘dalam berbagai kesempatannya bersama masyarakat Indonesia. Olehnya, sertifikasi hak asasi manusia atau HAM merupakan solusi terbaik guna kemudian lebih mempertegas komitmen kebangsaan Indonesia, dalam turut mendorong akselerasi kemajuan Indonesia kearah sebaik-baiknya.

– Saiful Chaniago Waketum DPP KNPI –

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS