Waspada, Inilah Makanan yang Menurunkan Kekebalan Tubuh Anda!

Waspada, Inilah Makanan yang Menurunkan Kekebalan Tubuh Anda!

BN – Sistem kekebalan (imunitas) tubuh adalah modal awal yang Anda butuhkan untuk terhindar dari risiko penyakit.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang Menurunkan kekebalan (imunitas) tubuh, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan:

*1. Gula*
Studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, seseorang yang mengonsumsi 100 gram gula atau lebih setiap hari mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh dr. Devia. Menurutnya, konsumsi gula yang terlalu tinggi dapat menurunkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi dan bisa meningkatkan peradangan di dalam tubuh.

*2. Garam*
Studi terbaru dari University Hospital of Bonn, Jerman, mengatakan, uji coba yang dilakukan pada manusia dan tikus sama-sama berkesimpulan bahwa konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh menurun.

*3. Minyak*
Konsumsi minyak berlebih dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi. Selain itu, minyak juga dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

Tak heran, pola makan tinggi minyak sering dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, bahkan kanker.

*4. Makanan Rendah Serat*
Tidak hanya dapat menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih makanan cepat saji dan jenis makanan rendah serat lainnya juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Apabila Anda kekurangan pasokan serat, kemampuan bakteri baik tersebut dalam menunjang fungsi dan sistem kekebalan tubuh bisa menurun.

*5. Roti Putih*
Menurut XPS, FMT, and NASM Certified Trainer dari Amerika Serikat, CJ Hammond, roti putih juga bisa memicu peradangan dan menurunkan fungsi tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

*6. Alkohol*
Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research menemukan alkohol dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

*7. Kafein*
Kelebihan kafein dapat menyebabkan gangguan tidur. Padahal, tubuh membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk bisa beregenerasi dengan optimal.

*8. Soda*
Soda dan minuman berkarbonasi lainnya mengandung banyak gula dan zat-zat kimia yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh.

Soda juga umumnya memiliki kandungan fosfor yang mengikis kalsium di dalam tubuh. Padahal, kalsium berperan penting dalam menunjang keoptimalan kinerja sistem kekebalan tubuh.

*Apa dampaknya jika daya tahan tubuh ( imun ) rendah atau bermasalah ?*
– Mudah lelah letih loyo & tidak bergairah
– Mudah terserang penyakit akibat virus bakteri dan kuman
– Meriyang, sakit kepala, batuk & pilek
– Sakit perut, mencret & diare
– Jika Anda sakit dan minum obat dokter, maka obat dokter tidak bekerja maksimal karena imun Anda lemah.

Jika imun sedang lemah, Selain melaksanakan tips diatas, Mulai hari ini lakukan juga tips berikut ini :
1. Ikuti sunnah Rasulullah dalam hal makan, minum, tidur dan buang air kecil/besar
2. Banyak membaca doa istighfar.

Semoga Allah swt memberikan kebaikan dunia akhirat kepada yang menulis, yang membaca dan yang Menyebarluaskan tulisan ini. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This