4 Makanan ini Jangan Disantap Sambil Minum Teh

4 Makanan ini Jangan Disantap Sambil Minum Teh

BN – Apa pun makanannya, minumnya teh. Padahal ada beberapa jenis makanan atau bahan pangan yang sebaiknya tidak disantap bersama teh. Apa saja?

Di Indonesia, es teh memang populer dijadikan teman bersantap. Makan camilan bisa ditemani es teh atau teh panas. Pun saat makan besar, rasanya kurang kalau tidak bersama teh. Teh memang dikenal murah dan mudah dibuat.

Hanya saja, tidak semua makanan bisa disantap sembari minum teh. Berikut makanan yang sebaiknya disantap terpisah dengan teh.

*1. Sayuran hijau*
Sayuran hijau memiliki Kandungan nutrisi yang penting yaitu zat besi.

“Zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk membantu mengedarkan oksigen lewat darah. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan kelelahan dan penurunan imun,” jelas Nicole Dynan, ahli diet, seperti dilaporkan Huffington Post.

Akan tetapi, Anda disarankan tidak mengonsumsi sayuran hijau bersama teh. Teh dengan kandungan tanin bisa menghambat penyerapan zat besi pada tubuh.

*2. Lemon*
Paduan rasa pahit dan sensasi asam bercampur jadi satu dalam sajian lemon tea alias teh lemon. Namun ternyata lemon tea bukan ide yang baik apalagi buat orang yang punya masalah lambung.

Tambahan lemon pada teh akan membuat teh semakin tinggi kandungan asamnya. Lemon tea bisa memicu refluks asam lambung hingga heartburn apalagi kalau diminum dalam kondisi perut kosong.

*3. Kacang-kacangan*
Kacang-kacangan banyak mengandung zat besi seperti halnya sayuran hijau. Oleh karenanya, jangan makan kacang ditemani teh hangat atau es teh. Kandungan tanin pada teh akan menghambat penyerapan zat besi.

*4. Susu*
Campuran susu dan teh memang nikmat tapi sebenarnya kurang disarankan. Alissa Rumsey, jubir Academy of Nutrition and Dietetics, menjelaskan teh hitam banyak mengandung antioksidan.

Akan tetapi, mencampurkannya dengan susu baik susu sapi maupun susu kedelai bakal merusak manfaat antioksidan teh.

“Protein susu mengikat antioksidan dalam teh dan menghambat penyerapannya,” kata Rumsey seperti dilaporkan Prevention.

Sementara itu, Anda juga tidak bisa mendapat manfaat kalsium susu sebab kafein dalam teh bisa menurunkan penyerapan kalsium.

CATEGORIES
TAGS
Share This