6 BUAH UNTUK MENJAGA GULA DARAH

6 BUAH UNTUK MENJAGA GULA DARAH

BN – Jika kebetulan anda punya keluhan gula darah yang tinggi, Maka saat memilih buah, carilah buah yang hanya mengandung sedikit gula, serta kaya akan serat dan mineral alami.

Contohnya magnesium dan tembaga yang dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam tubuh.

Segala jenis buah sebenarnya dapat menjadi bagian dari diet sehat, namun ada beberapa jenis buah yang berada di urutan teratas dalam hal menjaga kadar gula darah.

Apa saja ya ?

*1. Apel*

Apel kaya akan serat dan berbagai senyawa, termasuk quercetin dan asam klorogenat yang dapat membantu mengurangi gula darah.

Studi kecil yang meneliti peserta wanita dewasa menunjukkan, mengonsumsi apel sebelum makan bisa mengurangi gula darah setelah waktu makan.

*2. Pir*

Buah pir bisa menjadi diet yang ramah gula darah, selama kita memakan kulit buahnya juga.

Jika kulit pir dihilangkan, maka tubuh hanya mendapatkan sedikit serat pengendali gula darah dan zat gizi mikro yang membantu mendukung kontrol glukosa seperti vitamin C.

Pir berukuran sedang mengandung enam gram serat, atau setara dengan sekitar 21 persen dari kebutuhan serat harian yang dianjurkan.

*3. Bluberi*

Data menunjukkan, konsumsi bluberi dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang akhirnya membantu mengelola glukosa darah.

Temuan yang dimuat dalam jurnal Current Developments in Nutrition mengungkap, pada pria dengan diabetes tipe dua, konsumsi bluberi memperbaiki parameter kesehatan seperti glukosa dan manajemen insulin.

Selain itu, data terbaru menemukan asupan bluberi memperbaiki manjemen glukosa dan kadar insulin pada individu yang tidak aktif bergerak.

*4. Tomat*

Tomat juga mengandung likopen, karotenoid yang mampu menurunkan glukosa tubuh dan meningkatkan kadar insulin.

Sebagai sumber serat, tomat dalam masakan dapat membantu mengatur gula darah, karena serat akan memperlambat sistem pencernaan.

Lalu, potasium yang secara alami ditemukan dalam tomat bisa memiliki efek positif pada resistensi insulin.

*5. Kelapa*

Kelapa termasuk buah-buahan tropis yang rendah gula, hanya mengandung lima gram gula per porsi.

Buah kelapa juga mengandung lemak dan serat, inilah alasan utama mengapa kita perlu mengonsumsi buah ini demi menjaga kadar gula darah.

Tapi jika Anda punya riwayat sakit jantung sebaiknya dikonsumsi terbatas.

*6. Alpukat*

Buah alpukat sangat rendah gula, memiliki kandungan lemak dan serat sehat.

Buah ini juga bisa menjadi sumber magnesium alami –mineral yang meningkatkan sensitivitas insulin.

Berdasarkan uji klinis, mengganti sebagian karbohidrat kompleks dengan asam lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat dapat membantu mempertahankan kontrol glikemik.

Kesimpulannya, lemak sehat pada buah alpukat merupakan menu diet sehat yang ramah gula darah.

Perlu diingat, alpukat memiliki kandungan kalori yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Maka dari itu, pertahankan asupan porsi alpukat dalam jumlah yang wajar. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This