Babinsa Kodim Cilacap Berikan Pembekalan Warga Binaan Lapas Nusakambangan

Cilacap – 400 an Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kembangkuning (Medium Security) dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Terbuka Nusakambangan menerima pembekalan dari Babinsa Kodim 0703/Cilacap.

Pembekalan dilakukan di dua lokasi, untuk warga binaan di Lapas Terbuka mendapat pembekalan tentang budidaya bebek petelur yang disampaikan oleh Babinsa Serka Slamet dan untuk warga binaan yang berada di Lapas Kembangkuning mendapat pembekalan ketrampilan seni ukir yang disampaikan oleh Babinsa Sertu A. Kholiq.

Selain itu dilokasi yang sama juga diberikan pendidikan bela negara negara melalui kegiatan wawasan kebangsaan serta pelatihan baris berbaris yang dipimpin Babinsa Serma Puryanto, Serka Yatiman, dan Sertu Mulyono, Rabu (26/2/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf A. Rofik Alfian, Pasiter Kodim Kapten Inf Agus Wantoro, Kasibinadik Lapas Terbuka Kelas IIB Topan, Kasibinadik Lapas Kembangkuning Kelas IIA Pamuji Setyo Wibowo beserta staf jajaran.

Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf A.Rofik Alfian menjelaskan, kehadiranya bersama para babinsa terbaiknya adalah untuk memberikan pembekalan dan menularkan ilmu serta pengalaman yang dimiliki para babinsa agar warga binaan Lembaga Pemasyarakatan di Nusakambangan memiliki ketrampilan dan keahlian yang dapat dijadikan bekal kelak saat kembali ke masyarkat.

Ditambahkannya, melalui kegiatan wasbang ini, kami ingin membangun nilai-nilai kebangsaan didalam diri para warga binaan sehingga akan tumbuh jiwa nasionalismenya. Ditambah dengan latihan baris berbaris akan semakin meningkatkan moril, semangat dan disiplin bagi warga binaan, ” jelas Kasdim.

Tanggapan positif datang dari para Pembina Lapas, salah satunya Kasibinadik Lapas Kembangkuning Pamuji Setyo Wibowo. Menurutnya kegiatan pembinaan yang digelar pihak Kodim 0703/Cilacap di Lembaga Pemasyarakatan dinilai sangat strategis.

Hal ini sejalan dengan visi misi Lembaga Pemasyarakatan terkait pembinaan bagi warga binaan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan pembekalan ketrampilan untuk melatih kemandirian dan lifeskill sebagai bekal mereka setelah bebas dan berbaur dengan masyarakat umum.

“Terimakasih kami sampaikan kepada segenap jajaran Kodim 0703/Cilacap dan para Babinsa yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk memberi pembekalan kepada anak didik kami, semoga kerjasama ini dapat terus dilakukan dan berkesinambungan,” ujar Bowo. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This