Bank bjb Lakukan Kegiatan Pemberdayaan Desa Untuk 21 UMKM Pasirsari

Bekasi – Pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan Desa “PEDAS” Bank bjb berupa edukasi manajemen keuangan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Aula Desa Pasirsari Senin 05/03/2018. Pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu menindak lanjuti surat dari Bank bjb nomor 2507UMKM-PST/2018 pada tanggal 28/02/2018.

Kegiatan pemberdayaan Desa diikuti oleh 21 pelaku UMKM yang berada di wilayah Desa Pasirsari yang menjadi binaan BUMDesa Pasirsari Maju Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan.

Bank bjb selaku perbankan yang mendukung setiap program yang dicanangkan oleh Pemerintah, dalam rangka mewujudkan program pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan daya saing, nilai tambah dan produktivitas usaha melalui pengembangan wirausaha baru yang tangguh, kreatif dan profesional.

Para pelaku UMKM diajarkan mengenai pencatatan keuangan usaha yang baik dan benar untuk dapat diterapkan dalam kegiatan usaha sehari-hari.

Sucilia Kurniati, Kanwil 2 cabang Cikarang-Bogor, menjelaskan tentang keuangan usaha agar para pelaku UMKM melakukan kebiasaan dalam pengelolaan pencatatan keuangan.

“Dengan melakukan pencatatan keuangan, maka kita bisa mengevaluasi usaha kita, yaitu dengan cara melakukan kebiasaan selama 21 hari berturut-turut untuk mencatat keuangan,” kata Sucilia Kurniati kepada peserta UMKM Pasirsari dalam pemaparannya.

Kemudian lanjut Sucilia, dirinya menegaskan harus disiplin dimulai dari diri sendiri, harus punya pondasi pengetahuan tentang keuangan. “Setelah punya pondasi pengetahuan tentang keuangan, dan untuk pemasaran butuh yang namanya jejaring atau memberitahukan produk kita kepada konsumen,” tuturnya.

Menurut Sucilia Kurniati, pelaku UMKM Pasirsari sangat antusias mengikuti kegiatan program Pemberdayaan Desa dari Bank bjb terkait edukasi manajamen keuangan. “Kegiatan ini yaitu untuk menambah ilmu dan manfaat bagi UMKM itu sendiri dalam menjalankan usahanya, dengan harapan agar para pelaku UMKM di Desa Pasirsari lebih baik dan lebih maju lagi,” tutupnya. (sr)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS