Barong Kuda Kepang Demak Akan Digelar Di Anjungan Jawa Tengah TMII

BN – Jakarta, Barong Kuda Kepang Glagah Wangi Udan Emas akan digelar di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang secara rutin digelar tiap hari minggu dalam rangka Nguri uri Budaya Jawa Tengah serta Promosi Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah yang akan dilakasanakan pada hari Minggu, 14 Agustus 2016 mulai pukul 10.00 WIB di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah.

Glagah Wangi Udan Emas mengambil Cerita pada Zaman Kewalian yang ada di Tanah Jawa, terutama di wilayah Demak yang merupakan tempat dan pusat penyebaran agama Islam ditanah Jawa, maka dengan kebesarannya itulah sering didatangi orang orang yang Digdaya Sakti Mandraguna, untuk mengadu kesaktian di wilayah Demak pada saat itu.
Dengan kebesarannya Demak itulah, Duta Seni Demak mencoba mengangkat Legenda cerita dalam bentuk Garapan Tari Glagah Wangi Udan Emas”.

kabupaten Demak, khususnya di kecamatan Sayung memiliki potensi pengembangan kawasan industri yang strategis, karena berlokasi di jalur pantura yang merupakan jalur utama distribusi barang dan jasa, yaitu Jakarta Semarang Surabaya atau sebaliknya.

Selain itu ditunjang pula oleh lokasinya yang dekat dengan Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki Pelabuhan Tanjung Emas. Dengan demikian proses distribusi bahan baku industri atau produk barang jadi dapat berjalan dengan cepat dan lancar.

Ikan bandeng merupakan hasil peternakan ikan air payau yang banyak diproduksi para petani tambak di Kabupaten Demak. Ikan ini banyak dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang enak dan memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu pula harga ikan ini relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dan mudah didapatkan.
Tentunya produksi ikan bandeng akan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi jika dikembangkan menjadi produk yang lebih inovatif, seperti : bandeng presto, otak-otak bandeng dan sebagainya. Kabupaten Demak memiliki sentra produksi ikan bandeng di empat kecamatan, yaitu :Sayung, Karangtengah, Bonang dan Wedung.

Morosari adalah obyek wisata bahari yang berlokasi di Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Obyek wisata ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dan didukung oleh sarana wisata bahari yang lain, seperti : kano, jet ski, sepeda air, restoran seafood dan lain-lain. Selain itu akses menuju lokasi obyek wisata juga cukup mudah, karena hanya berjarak 4 km dari jalan raya Semarang – Demak dengan fasilitas jalan beraspal.
Selain menampilkan Pagelaran Sendratari Barong Kuda Kepang Glagah Wangi Udan Emas Kabupaten Demak juga membawa Pameran Produk Unggulan berupa Batik khas Demak, Kaligrafi dan Aneka Kerajinan Demak.

Bupati Demak beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Demak direncanakan akan menghadiri Pentas Duta Seni di Anjungan Jawa Tengah.

Kepala Kantor Perwakilan Jawa Tengah Koesdarminto mengharapkan kepada Masyarakat Umum pecinta Budaya Jawa Tengah serta untuk datang ke Anjungan Jawa Tengah TMII menyaksikan Pentas Duta Seni Kabupaten Demak, serta melihat promosi potensi Wisata yang ada di Kabupaten Demak, kegiatan ini bersifat bebas untuk Umum. (Nanggar/indi)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS