Danrem 071/Wijayakusuma Bersama Forkopimda Banyumas Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual

Danrem 071/Wijayakusuma Bersama Forkopimda Banyumas Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual

Purwokerto – Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., bersama Forkopimda Banyumas mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 yang dilaksanakan secara virtual di Graha Satria Pemkab Banyumas, Purwokerto, Selasa (17/8/2021).

Namun sebelum mengikuti Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Danrem 071/Wijayakusuma yang diwakili Kasi Ren Korem 071/Wk beserta segenap Forkopimda Banyumas, melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dihalaman Pendopo Sipanji Pemkab Banyumas, bertindak selalu Inspektur Upacara Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Upacara juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) ini selain diikuti Forkopimda Banyumas, juga diikuti perwakilan dari TNI, Polri, Pemda Banyumas serta anggota DPRD Banyumas.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Upacara diselenggarakan dengan tata cara berbeda dan terbatas serta mempedomani protokol kesehatan.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine dan diikuti dentuman meriam 17 kali di Istana Merdeka diikuti secara serentak di seluruh Indonesia. Sedangkan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPR Puan Mahari , dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama RI.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka hanya terdiri dari 8 orang yang terbagi dalam dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang yaitu seorang pembawa bendera Merah Putih dan dua orang pengerek bendera pusaka. Mereka bertugas pada saat penaikan dan penurunan bendera, sedangkan sisanya 2 orang sebagai cadangan.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka ini juga diikuti oleh jutaan peserta secara virtual dari seluruh Indonesia baik melalui live streaming, youtube Sekretariat Presiden, atau siaran langsung televisi. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This