Gardi: Ketua Forum Wartawan Polri Mendaftar Kompolnas

Jakarta – berantasnews. Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menjaring anggota untuk masuk dalam kepengurusan periode 2016-2020. Pendaftaran yang dibuka 13 Januari dan ditutup  12 Februari 2016.

Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) periode 2014 – 2016, Gardi Gazarin wartawan Harian Suara Pembaruan pada  Selasa, 9 Februari 2016 mendaftar dan menyerahkan berkas ke Kompolnas.

Gardi mengajukan diri sebagai calon anggota Kompolnas, karena ingin menuangkan ide membangun instansi Polri ke arah lebih baik. Pengalaman meliput di kepolisian membuatnya yakin dapat memberikan kontribusi bagi aparat penegak hukum tersebut.

“Saya mendaftar calon Kompolnas dari jalur pers, karena terpanggil. Saya sudah lama meliput di kepolisian serta ingin menuangkan ide yang bisa mengubah strategi dan inovasi Kompolnas, sehingga lebih baik lagi ke depan,” kata Gardi.

Menurut Gardi, Kompolnas harus bersinergi lebih efektif dan lebih independen. Kompolnas ke depan harus melakukan gerakan revolusi mental untuk menambah nilai Polri.

Sementara itu, Neta S Pane anggota Panitia Seleksi Calon anggota Kompolnas, mengatakan tahapan penerimaan di periode ini berbeda dibanding sebelumnya.  Di periode ini anggota Kompolnas tak boleh rangkap jabatan. Persyaratan baru ini membuat seseorang yang ingin maju sebagai anggota sudah terseleksi di awal. Ini dilakukan supaya anggota dapat secara penuh bekerja dan berkonsentrasi mengawasi polisi.

“Yang daftar sampai hari ini baru berjumlah 38 orang, yang banyak mendaftar dari purnawirawan polisi, akademisi dan wartawan. Nanti  diambil 12 orang dari yang daftar, kemudian nama tersebut diserahkan ke presiden. Presiden akan memilih enam orang,” ujar Neta di Kompolnas.

Neta menjelaskan, persyaratan ini sulit dipenuhi. Namun, bagi mereka yang rela untuk fokus bekerja sebagai anggota Kompolnas akan mendapat uang sesuai konsekuensi dan tugas yang dilaksanakan. (B-05)

CATEGORIES
Share This