Inovasi SatLantas Polres Sleman Raih Juara Pertama Tingkat Nasional

Sleman, Yogyakarta – Satlantas Polres Sleman raih juara 1 Inovasi Pelayanan Satpas Tingkat Nasional dalam inovasi pelayanan SIM dari 500 Satpas di 33 Polda Se-Indonesia yang telah diseleksi Korlantas Mabes Polri. Bertempat di Mapolres Sleman, Jumat 11Oktober 2019.

Satlantas Polres Sleman menyabet juara 1 dari Korlantas Mabes Polri dalam Inovasi Pelayanan Satpas melalui aplikasi E Form SIM dan E Notif SIM yang dapat di download di Play Store.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kakorlantas Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.SI bulan lalu.

Satuan lalulintas Polres Sleman memiliki beberapa inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan. Satlantas terutama pada bidang layanan surat ijin mengemudi (SIM) agar lebih mudah dan cepat, kata AKP Mega Tetuko S.Ik Kasat Lantas Polres Sleman.

Lebih lanjut Mega mengatakan di sini kita sampaikan 2 inovasi yang ada di layanan SIM yaitu : E-formulir dan E-notif atau elektronik notifikasi

“E-formulir berguna pada masyarakat yang semula mengisi formulir pendaftaran untuk SIM dilakukan secara manual kita bentuk ke arah digital yang bisa di download atau dikunjungi di website kami di SIM Satlantas Sleman.

Di situ sudah ada item-item yang perlu diisi dan setelah di isi akan muncul kode unik, kode unik itu cukup diingat dan dikatakan kepada petugas pendaftaran saja,” terang Mega.

Lajut mega, Sehingga tidak perlu lagi masyarakat mengisi secara manual dan efisien waktu, untuk mengisi bisa di rumah ataupun 2 hari 1 hari sebelum itu tidak ada masalah karena data sudah tersimpan di database kami.

E-notifikasi adalah salah satu layanan kami untuk mengingatkan terkait dengan masa berlaku SIM. Terang Mega.

Untuk E-notif ini masyarakat bisa mengakses E-enotif Satlantas Sleman di website, kemudian bisa memasukkan data sampai dengan masa berlaku nanti secara otomatis.

10 hari sebelum masa berlaku SIM akan ada notifikasi melewati lewat email sehingga masyarakat bisa langsung ingat harus memperpanjang SIMnya.

Cukup datang ke pelayanan SIM keliling dan tidak perlu mengisi lagi hanya membawa bukti itu masuk ke pendaftaran silakan diperlihatkan pada petugas yang ada di situ nanti petugas yang akan mencetak SIM baru. Inovasi ini sudah sekitar 3 bulan yang lalu, sudah disosialisasikan”, Jelas Mega

Selain itu Mega menjelaskan kami sudah bekerja sama dengan dinas terkait Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan dalam Inovasi Sleman road safety.

Aplikasi Sleman Road Safety baru kita launching tanggal 22 September kemarin, jadi masih kita tahap sosialisasi namun kita berkerja sama dengan rekan rekan dari seluruh stakeholder dari rekan 5 pilar untuk dapat saling mensosialisasikan. 

Sebagai salah satu contoh didalam aplikasi sleman Road Safety disana ada tombol Panic untuk siaga Ambulance 24 Jam untuk penanganan korban lakalantas dan Sleman emergency ini gratis.

Dari dinas kesehatan selaku pilar ke-5, dan tidak hanya ambulans dari rumah sakit, PMI dan ambulance Dokes Polres yang masuk dalam jaringan Sleman online and emergency service dan kedaruratan, tutupnya. (Sutarno)

CATEGORIES
Share This