Kapolri dan Panglima TNI Jamin Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Indonesia Aman

Jakarta – jelang Asian Games ke-18 tahun 2018 yang akan diadakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang Sabtu (18/8/2018), Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.,  berikan Arahan dalam rangka Pengamanan Asian Games 2018 di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ), Senin 30 Juli 2018.

Hadir juga dalam acara tersebut, Ketua Umum INAPGOC, Bapak Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Umum INASGOC,  Letjen TNI (Purn.) Syafrie Syamsudin, Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Drs. Lutfi Lubihanto, M.M.,
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Drs. Idham Azis, M.Si, Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs. Zulkarnain, Kapolda Banten, Brigjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Joni Suprijanto, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Anto Putranto, S.Sos.

Dalam arahannya Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M.Tito Karnavian., Ph.D menjelaskan, bahwa Asian Games merupakan event olahraga terbesar setelah Olimpiade, Kapolri himbau Agar dibuatkan posko bersama, Command Center. ada 615 CCTV yang tergelar.
Di Polda Metro Jaya ada Command Centar yang besar, agar TNI bergabung ditempat tersebut.

“Posko PAM bersama harus ada disetiap titik titik Pam. Upacara dan pembukaan harus aman, merupakan moment terpenting. Dan juga arahkan anggota yang bisa berbahasa Inggris,” kata Kapolri.

Kapolri menegaskan, Kerawanan yang paling utama adalah Terorisme, yang dilakukan adalah strategi Proaktif untuk melakukan pemburuan. 242 (21 MD) Pelaku Sudah ditangkap setelah Bom Surabaya.

Lanjut Kapolri.Kejahatan Konvensional tidak boleh terjadi lagi, selama 1 bulan terakhir sudah dilakukan cipta kondisi. sudah hampir 2000 dan 700 yang ditahan di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Banten dan Polda Sumsel.

“Kejahatan Cyber Crime agar berkoordinasi dengan Inasgoc. Lalu Lintas agar fokus diserahkan dengan Kakorlantas. Karhutla agar dikoordinasikan betul agar ada penegakan Hukum. Karena faktor utamanya dibakar,” ucap Kapolri

“Hubungan Internasional kita manfaatkan jaringan Intelejen Mereka. Hubunter dan BIK dan Asops Kapolri Asops TNI dan BIN untuk duduk bersama dengan officer dari luar negeri terkait pengamanan Asian Games, perkumpulan Intelejen Internasional terkait Asian Games  Atensi khusus, Myanmar, Syiria, Qatar, Jordan, Filifina, Iran dan Irak, Korea Utara. Agar ada pengawalan khusus untuk negara yang diatensi,” tegas Kapolri.

“Kita perlu melaksanakan cek Lapangan. matangkan lagi Renops ditingkat pusat dan daerah. 40.000 pers yang terlibat langsung, dan ada juga anggota yang standby,” kata Kapolri Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dalam arahannya mengatakan, Asian Games 2018 harus sukses karena harga diri Bangsa. Paparan tadi sudah menunjukan kesiapan kita untuk Pengamanan Asian Games.

Panglima TNI menjelaskan, Ancaman Terorisme, Spionase, Sabotase makanan, bandara. Terutama kelompok-kelompok, gangguan Unjuk Rasa (Ojek Online) agar diantisipasi, kemudian Kriminalitas diantisipasi, apresiasi persiapan Kapolda Sumsel.

Lanjut Panglima TNI,Diantisipasi Bencana kebakaran hutan, asap mengganggu pelaksanaan Asian Games, maka kita lakukan penyiraman dari Udara, pembuatan Hujan buatan, kita juga siapkan untuk 55 Desa agar ditempatkan TNI Polri sehingga tidak terjadi kebakaran.

“Agar kepada seluruh aparat, agar melaksanakan deteksi dini dan cegah dini. Ini merupakan perang daulat Islam,” tutup Panglima TNI Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

Wakil Ketua Umum INASGOC Letjen TNI (Purn.) Syafrie Syamsudin dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Multi Event Asian Games ini dilaksanakan yang ke-18, dan untuk Indonesia yang kedua sebagai tuan rumah. Sebagai tuan rumah yang baik, Inasgoc perlu kerja sama dari TNI maupun Polri dan Instansi terkait untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh tamu yang akan datang ke Indonesia.

Ketua Umum INAPGOC, Raja Sapta Oktohari mengatakan, ada 15.000 atlet dan official Para Asian Games yang hadir di Indonesia. Terimakasih atas dukungan bapak. Semoga kita bisa menunjukan kepada Dunia, Kita bisa menjadi tuan rumah Para Games yang baik.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Drs. Zulkarnain menjelaskan,  kedutaan Jepang 2 kali mengunjungi Palembang, 10 Cabang Olahraga dan 13 Pertandingan perharinya, dijaga 1×24 Jam. Hal itu untuk antisipasi Potensi Gangguan, Aksi Teror, Kejahatan Jalanan, Kemacetan Lalu Lintas, Sabotase, Karhutlah, Ambush Marketing.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. mengatakan, ada 5 Cabang Olahraga yang dipertandingkan. untuk Id Card agar Inasgoc dapat membagikan serta Bantuan Dron dan Tenda.

Kapolda Banten Brigjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan, Antisipasi Teror sangat penting. Ada 6 cabang Olahraga yang dipertandingkan untuk lokasi di wilayah Hukum Polda Banten.

Dilanjutkan pemaparan Kadensus 88 Anti Teror Irjen. Pol. Drs. H. M. Syafii, S.H menjelaskan dalam kurun waktu 8 Mei sampai 28 Juli 2018 Total 242 Orang diamankan, Paling banyk di Jakarta dan Palembang. Jaringan besar yang diwaspadai, Jamaah Islamiyah, Jamaah Anshorut Daulah, Jamaah Anshorul Khilafah, Jamaah Ansharut Syariah, dan Mujahidin Indonesia Timur.

“Prediksi ancaman, Mulai dari perekrutan Volunteer rawan penyusup, Negara negara Koalisi seperti Suriah, Iran dan Irak. Maraknya seruan dan Propaganda di Sosial Media. Makanan yang dikonsumsi para atlet dan kantin-kantin”, kata Kadensus 88 Anti Teror Irjen. Pol. Drs. H. M. Syafii, S.H. ( sri )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS