Kapolri : Kita Harus Lakukan Penindakan, Dengan Meminimalisir Korban

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol H M Tito Karnavian menegaskan pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

“Tak mungkin akan kita diamkan. Negara tidak boleh kalah, kita harus lakukan penindakan. Tapi tentunya tindakan itu dengan mengurangi, meminimalisir, korban,” katanya.

Hal itu disampaikan Kapolri usai memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasum dan Kabaharkam Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16-11-2017).

Namun demikian, Jenderal Pol Tito Karnavian tak menampik kemungkinan akan jatuhnya korban, baik itu dari kalangan petugas, KKB, maupun masyarakat sekitar.

“Namanya operasi penegakan hukum, operasi ini, operasi bersenjata lawan bersenjata, itu rentan terhadap korban,” jelasnya.

Untuk itu, Jenderal Pol Tito Karnavian menyarankan agar Komnas HAM datang ke Papua untuk melakukan mediasi.

“Jangan nanti, kalau ada apa-apa, tinggal menyalahkan kepada petugas saja. Ingat petugas ini, Polisi dan TNI yang ada di situ, mereka juga berjuang nyawa! Jangan nanti sudah mereka bertindak, kemudian ada korban, disalahkan,” kata Jenderal Pol Tito Karnavian.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS