Kenapa Adanya Hari Ibu, Begitu Pentingnya Peran Ibu, ini Surah dan Hadits nya

Kenapa Adanya Hari Ibu, Begitu Pentingnya Peran Ibu, ini Surah dan Hadits nya

BN – Ayat Alquran dan Hadits Tentang Pentingnya Berbakti Pada Ibu.

Ibu adalah seseorang yang paling berjasa dalam hidupmu.

Dalam ajaran agama Islam, Ibu mempunyai kedudukan yang lebih tinggi ketimbang dengan ayah. Terdapat beberapa ayat Alquran dan hadis tentang ibu serta kewajiban yang harus dilakukan untuk berbakti kepadanya.

Ayat Alquran dan hadits yang ada berguna sebagai acuan untuk kita agar bisa memuliakan ibu sebagai orang yang telah mengandung, melahirkan, serta merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Allah SWT telah menegaskan dalam ayat-ayat Alquran betapa pentingnya menghormati orangtua, khususnya ibu. Rasulullah juga selalu menekankan bahwa orang yang paling berhak diperlakukan dengan baik dan dimuliakan adalah ibu.

Kemuliaan untuk selalu berbakti pada ibu, tercantum pada ayat Alquran dan hadis berikut ini.

QS. Al Isra Ayat 23 Sampai 24
Artinya

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

QS. Luqman Ayat 14
Artinya:

“Dan telah Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kamu kembali.”

Hadits Abu Hurairah r.a

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah Radiyallahu’annhu, Rasulullah bahkan menyuruh kita semua agar bisa berlaku baik tiga kali lebih besar kepada ibu daripada bapak.

“Seseorang datang kepada Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’. Nabi menjawab, ‘ibumu’. Dan orang tersebut kembali bertanya , ‘Kemudian siapa lagi?’, Nabi menjawab ‘Ibumu’. Lalu orang tersebut bertanya lagi, ‘Kemudian Siapa lagi:’, beliau menjawab ‘Ibumu. Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi, ‘ Nabi SAW menjawab, ‘Kemudian ayahmu”. (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits Riwayat At-Tirmidzi

Terdapat sebuah hadis yang menjelaskan bahwasannya rida Allah itu tergantung dari rida seorang ibu. Seperti yang dijelaskan pada hadits riwayat At-Tirmidzi,

“Ridha Allah terdapat dalam ridhanya kedua orangtua (ibu bapak) dan murka Allah terdapat dalam murkanya kedua orangtua.”

Dengan mendapatkan ridho dari kedua orangtua maka akan mendapatkan jalan yang dimudahkan oleh Allah SWT, sebab doanya seorang ibu sangat manjur untuk anaknya.( red )

Paraaulia.com

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS