Menkominfo Meningkatkan Kerjasama Dengan Google

BN, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menerima kunjungan Google di kantor Kementerian Kominfo pada Rabu siang (10/08/16). Hadir dalam kunjungan tersebut VP Engineering on Maps, Hugh Williams; Product Management Director, Ben Galbraith; dan Director of GEO NBU Lead, Suren Ruhela.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rudiantara menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia saat ini berfokus pada dua hal, yaitu percepatan pembangunan jaringan broadband yang menyeluruh, baik dalam hal backbone maupun akses; serta peningkatan efisiensi industri ICT Nasional.

“Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat broadband tersebut adalah dengan proyek Palapa Ring dan peningkatan akses 4G,” kata Rudiantara.

Menteri Rudiantara menyampaikan bahwa yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana agar aplikasi dan konten-konten Google, maupun penyedia aplikasi lain yang difasilitasi Google, untuk menjaga konten-konten negatif seperti pornografi masuk dan tersebar di Indonesia.

“Oleh karena itu, kerjasama dengan Google perlu semakin ditingkatkan,” tegas Rudiantara.

Lindungi Obvitnas

Dalam kesempatan yang sama Menteri Rudiantara juga membahas tentang aplikasi game yang memanfaatkan fitur maps dari Google. Menteri Rudiantara menyampaikan bahwa obyek vital nasional, seperti sarana prasarana militer, perlu dilindungi agar tidak dijadikan lokasi dan sasaran permainan dari game-game tersebut.

“Kementerian Kominfo juga akan bekerja sama dengan K/L untuk mengidentifikasi obyek vital nasional tersebut,” kata Rudiantara.

Menanggapi hal ini, pihak Google menyampaikan bahwa mereka selalu siap bekerja sama dengan Kementerian Kominfo. Mereka akan melakukan pendekatan kepada para penyedia game berbasis maps untuk memperhatikan permintaan dari Kementerian Kominfo tersebut. Google akan terus menjaga komunikasi dengan Kemkominfo untuk membahas isu-isu penting yang membutuhkan penanganan dan perhatian khusus seperti kebutuhan dalam penanganan aplikasi berbasis maps tersebut. (Elwan)

CATEGORIES
TAGS
Share This