Pembangunan Rutilahu, MCK Dan Air Bersih di Desa Hegarmanah

Berantasnews,Kab.Bekasi-“Kepala Desa Hegarmanah cikarang timur Mamad Rifa’i telah menyelesaikan pembangunan Rutilahu,MCK dan Air bersih dengan menggunakan Dana Pilkades dari 8 Desa dan satu Kelurahan di wilayah Kecamatan Cikarang Timur yang baru saja mewakili Desa se-Kecamatan Cikarang Timur diacara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bekasi Jawa Barat.”ungkapnya.

Penataan dilingkungan Desa nampak terlihat rapih, seperti pembangunan pagar dan papan nama Desa serta penataan ruangan para Kaur Desa pun terlihat rapih. Termasuk pengalokasian dari beberapa sumber dana, baik itu dari dana Banprov, Pusat maupun Dana Alokasi Desa dari Kab, Bekasi yaitu untuk pembangunan pengecoran jalan lingkungan, pembangunan drainase dan penataan dilingkungan Desa.

Ada pun anggaran Pilkades yang 10 persen yaitu sebesar Rp 177 juta yaitu dialokasikan untuk pembangunan MCK dan Air bersih, pembangunan Rutilahu di III Dusun sebanyak 4 rumah, yaitu di Dusun I sebanyak dua rumah, di Dusun II satu rumah dan di Dusun III satu rumah serta perbaikan jembatan.

“Kalau dana pilkades memangĀ  difokuskan untuk Rutilahu sesuai surat edaran, namun atas usulan masyarakat yang memang sangat membutuhkan MCK dan Air bersih, maka anggaran tersebut kami alokasikan juga untuk pembangunan MCK dan air bersih yang dibangun di RT 002/006 dan semua sudah terealisasi dan sudah bisa digunakan oleh warga sekitar,” jelas Mamad Rifa’i Kades Hegarmanah kepada Sinar Pagi Baru dikantornya Kamis (07/04) usai pelaksanaan minggon Desa.

Dijelaskan pria lulusan sarjana Agama ini, dana Pilkades sebesar Rp 177 juta sudah dilaksankan di akir tahun 2015, namun tidak semuanya fokus ke Rutilahu, karena ada yang sangat urgen sekali, seperti ambruknya saluran gorong-gorong sehingga mengganggu aktipitas warga, dan usulan warga yang sangat membutuhkan MCK dan Air bersih.

“Alokasi dibeberapa titik kegiatan terutama yang sumber dananya dari Pilkades Alhamdulilah sudah selesai dikerjakan termasuk Rutilahu,” pungkasnya. (mansur)

CATEGORIES
Share This