Pengurus Mapancas Periode 2017- 2022 Akan Dilantik

JAKARTA – Pengurus Organisasi Mapancas (Mahasiswa Pancasila) periode 2017-2022 direncanakan akan dilantik di gedung MPR RI. Mapancas merupakan organisasi yang telah melewati tiga orde pemerintahan, yaitu orde lama, orde baru dan orde reformasi.

Ketua Umum Mapancas Periode 2017-2022, Medi Sumedi, SH

Ketua Umum Mapancas Periode 2017-2022, Medi Sumedi, SH

Organisasi Mahasiswa Pancasila bertujuan menghayati, mengamalkan dan mengamankan Pancasila yang sesuai dengan pembukaan UUD 1945 dalam dunia kemahasiswaan khususnya dan dalam masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pada titik awal perjuangannya, Mapancas memiliki jasa besar dalam mengawal ideologi Negara yaitu Pancasila antara tahun 1958-1966.

Organisasi yang di dirikan pada tanggal 28 Oktober 1958 oleh tokoh Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) yaitu Jendral Gatot Subroto, Jendral Besar TNI Abdul Haris Nasution, Ratu Aminah, Dr Adi Tagor Harahap, Prof. Dr Muslimin Taher dan David Napitupulu, tercatat telah melahirkan sejarah awal dalam bentuk ide-ide dan gagasan untuk menghimpun gerakan potensi Mahasiswa Indonesia yang aktif dalam pembangunan Nasional.

Dalam awal pendirian saat itu, tokoh-tokoh yang disebutkan diatas yang berhasil masuk di kalangan mahasiswa, bersama pemuda membentuk organisasi Mapancas yang diperuntukan dalam menangkal dan membendung meluasnya faham komunisme yang mengancam keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam mengukir sejarahnya, Mapancas juga telah menginisiasi kelahiran KNPI dengan dipercayakannya David Napitupulu, salah satu tokoh Mapancas yang pertama di DPP KNPI sebagai Ketua Umum.

Dengan demikian organisasi Mapancas bersama mahasiswa dan pemuda terus membaktikan pengabdiannya dari mulai tahun 1958 hingga tahun 2017 sekarang ini.

Dari rentang 59 tahun tersebut Mapancas di Munas yang ke XIV ini melahirkan estafet kepengurusan yang akan di lantik pada tanggal 30 Mei 2017 bertempat di Gedung Nusantara V, DPR/MPR-DPD.

Rencana pelantikan tersebut di hadiri lebih dari 20 DPD yang tersebar di seluruh Indonesia, dan dihadiri lebih dari 250 orang mahasiswa dan pemuda yang menjadi perwakilan di seluruh Indonesia, yang rencananya, acara tersebut di buka dengan suguhan tari cokek akulturasi budaya khas dari tanah Banten yang dipersembahkan, sebagai dedikasi dan loyalitas dari Ketua Lembaga Seni dan Budaya Mapancas Tubagus Saptani Suria kepada organisasi tersebut.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus periode 2017-2022 dengan susunan inti Ketua Umum Medi Sumaedi, SH.
Sekretaris Jenderal Urik Yanto, S.hum, MM dan Pilar Saga Ichsan, ST sebagai Bendahara umum.

Acara selanjutnya diteruskan melalui rangkaian dialog kebangsaan dengan menghadirkan beberapa narasumber seperti, Ketua MPR RI Dr HC Zulkifli Hasan, SE. MM, Menpora, Menkopolhukam dan di tutup dengan buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah.

CATEGORIES
TAGS
Share This