Polri Beri Kenaikkan Pangkat 15 Anggota Gugur Saat Melaksanakan Tugas Pengamanan Pemilu 2019

Jakarta – Pasca kemeriahan Pemilu 2019 yang terjadi, terdapat kabar duka yang menghampiri Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Polri harus kehilangan prajurit terbaiknya yang menjaga pesta demokrasi terbesar dan bersejarah itu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menjelaskan, hingga hari ini tercatat sudah ada 15 anggota dari Polri yang gugur saat melaksanakan tugasnya. Sebagian mereka meninggal dunia akibat kelelahan.

“Sampai dengan hari ini, ada 15 anggota yang gugur dalam melaksanakan tugas. Baik di Kaltim (Kalimantan Timur), Sumatera Utara, NTT, Jabar (Jawa Barat), Kalsel (Kalimantan Selatan), Jawa Timur, NTB (Nusa Tenggara Barat), Metro Jaya, Sulsel (Sulawesi Selatan),” jelas Karo Penmas di Mabes Polri, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Jelang dan saat penyelenggaraan Pemilu, anggota Polri memiliki tugas yang cukup berat. Selain menjaga situasi keamanan berjalan kondusif, beberapa diantaranya membantu pengiriman logistik ke tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di daerah- daerah, sekalipun lokasinya terpencil dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Bukan hanya sampai disana, mereka juga harus mengawal penghitungan suara dan membawa kotak suara kembali ke tingkat kabupaten untuk direkapitulasi.

“Ya memang kondisi tiap-tiap orang berbeda. Kemudian masalah geografis TPS tersebut berbeda-beda, ada yang sangat jauh, sulit. Makanya sebagian besar yang meninggal kan di luar (Pulau) Jawa. Di luar Jawa kondisi geografisnya kan cukup jauh, dan menyulitkan,” jelas Jenderal Bintang Satu itu.

Sejatinya Anggota Polri pun sudah melakukan tes kesehatan kepada seluruh anggota yang bertugas dalam Pemilu serentak 2019. Namun memang takdir berkata lain.

“(Sebagian meninggal karena) kondisi kesehatannya, dan memang tuntutan tugas cukup banyak,” sebut mantan Wakapolda Kalteng itu.

Polri berduka kehilangan 15 anggotanya itu. Namun, Korps Bhayangkara juga memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi seluruh anggota yang gugur. Para anggota tersebut akan diberi kenaikkan pangkat.

“Dapat kenaikkan pangkat lebih tinggi oleh Pak Kapolri, dan tentu hak-haknya juga mendapat santunan. Kemudian mendapat perpanjangan gaji, semuanya diberikan,” pungkasnya. ( sri )

CATEGORIES
Share This

COMMENTS