Program Ketahanan Pangan Kampung Tangguh, Kapolres Majalengka Panen Raya Padi dan Budidaya Ikan

Program Ketahanan Pangan Kampung Tangguh, Kapolres Majalengka Panen Raya Padi dan Budidaya Ikan

MAJALENGKA, Kapolres Majalengka, AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso didampingi Kasat Binmas IPTU Djunardi melaksanakan panen raya padi, Budidaya Ikan dan Kangkung yang bertempat di Obyek Wisata Saung Pakuwon Desa Kawunggirang Kecamatan dan Kabupaten Majalengka, Rabu (5/8/2020).

Areal tanaman berupa padi, Kangkung dan Ikan yang dikembangkan oleh warga Desa Kawunggirang sebagai Kampung Tangguh Raharja ini merupakan progam ketahanan pangan menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Program ketahanan pangan Program Kapolri bersama Panglima TNI sebagai implementasi kebijakan Presiden RI menghadapi Covid-19. Selain padi, dalam rangkaian ketahanan pangan itu juga dilaksanakan panen padi, kangkung dan ikan lele yang dikembangkan petani Desa Kawunggirang.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengungkapkan, Panen Raya Kampung Tangguh Majalengka Raharja di Desa Kawunggirang mencakup areal seluas 2,5 hektare (ha) yang merupakan lahan milik pemerintah desa dan warga setempat.

Sayuran yang ditanam seperti Padi Kangkung dan budidaya Ikan jenis Nila, Mas dan Lele, adalah hasil menanam Masyarakat Desa Kawunggirang dengan bimbingan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa Kawunggirang, ini menjadi bukti bahwa sinergitas antara Polisi, TNI dan masyarakat menghasilkan kemampuan bertani dan beternak ikan. Sehingga bisa menjadi salah satu potensi dalam mendukung program ketahanan pangan.

Kapolres juga mengajak instansi terkait, aparat Kelurahan/Desa dan masyarakat Kabupaten Majalengka untuk bersama-sama melaksanakan program pemerintah dalam mempertahankan ketahanan pangan sehingga menjadikan Kelurahan/Desa tangguh dimasa pandemi Covid-19 maupun masa new normal, ujarnya.

Hasil Panen Padi, Budidaya Ikan Lele dan Kangkung di lahan Desa Kawunggirang langsung dibagikan kepada warga yang terdampak Covid-19 dalam rangka mewujudkan Ketahanan pangan Polres Majalengka menuju New Normal Dimasa Pandemic Covid-19.

Panen raya Padi, Budidaya Ikan dan Kangkung dihadiri langsung Kapolres Majalengka, Kasat Binmas, Kapolsek Majalengka Kota, Camat Majalengka, Danramil Majalengka, Kepala Desa Se Kecamatan Majalengka, dan Puluhan Warga yang menerima Hasil Panen Budidaya Ikan Lele dan Kangkung. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This