Salah Satu Keutamaan Istigfar Pembuka Pintu Rezeki

Salah Satu Keutamaan Istigfar Pembuka Pintu Rezeki

Istighfar memiliki makna untuk memohon ampunan kepada Allah SWT, Sang Pencipta Yang Maha Kuasa. Beristighfar atau bertaubat haruslah dibarengi dengan niat untuk taat kepada ketentuan Allah SWT serta tidak lagi mengulangi dosa-dosa yang diperbuat sebelumnya.

Berikut ini beberapa keutamaan Istigfar :

1. Keutamaan Istigfar yakni Mendapat Ampunan
Barangsiapa yang sungguh-sungguh memohon ampun kepada-Nya atas segala dosa-dosa yang ia perbuat, baik dosa yang kecil maupun yang besar sekalipun, maka ia akan mendapatkan ampunan-Nya.

Sesungguhnya, Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Menurut hadits, Allah SWT pun akan mengampuni dosa sebanyak dan sebesar apa pun, meski setinggi awan di langit atau sebanyak buih di lautan.

2. Membuka Pintu Rezeki
Tertulis dalam Al-Quran, bahwa Allah membukakan pintu rezeki bagi orang yang banyak membaca istighfar. Allah akan memberikan kemakmuran dan kemudahan rezeki bagi mereka yang beristighfar.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

“…dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 12)

3. Keutamaan Istigfar adalah Mendapat Keberuntungan
Mengutip dari hadis riwayat Ibnu Majah, umat muslim yang senantiasa memabca kalimat thayyibah untuk beristighfar akan mendapatkan banyak keberuntungan, terutama keberuntungan di akhirat kelak.

طُوبَى لِمَنْ وَجَدَ فِى صَحِيفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيرًا

“Beruntunglah orang yang di dalam catatan amalnya terdapat istighfar yang banyak.” (HR. Ibnu Majah)

4. Diberi Kekuatan
Dalam QS. Hud ayat 52, orang yang banyak beristighfar akan diberikan kekuatan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jika merasa lemah dan menghadapi kesulitan, maka hendaknya memperbanyak bacaan istighfar.

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

“Dan (dia berkata): ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.”

5. Keutamaan Istigfar adalah Mendapat Rahmat Allah
Dalam surat An-Naml ayat 46, dijelaskan bahwa seseorang yang banyak beristighfar akan dirahmati oleh Allah SWT, seperti doa dari Nabi Salih AS.

قَالَ يَاقَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dia (Shalih) berkata, “Hai kaumku, mengapa kalian meminta disegerakan suatu keburukan sebelum kebaikan? Mengapakah kalian tidak memohon ampun kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS An-Naml : 46)

6. Bahagia
Menurut hadits riwayat Baihaqi, di hari yaumul hisab dimana semua orang mendapatkan catatan amalnya, orang-orang yang banyak beristighfar akan merasa gembira atau bahagia. Hal ini dikarenakan catatan amalnya berisi banyak kebaikan dari istighfar yang dibacanya.

7. Dikabulkan Doanya
Keutamaan bacaan istighfar lainnya adalah terkabulnya sebuah doa. Terhalang untuk dikabulkannya sebuah doa disebabkan oleh dosa, sementara istighfar akan menghapuskan dosa-dosa tersebut.

8. Hujan dan Keberkahan Langit
Istighfar dapat mendatangkan berkat dari langit yakni hujan. Hal ini juga tertulis dalam surat Nuh.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

“…maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.” (QS. Nuh: 10-11)

9. Keberkahan Bumi.

Bumi akan menjadi subur untuk menumbuhkan tanaman dan menyuburkan air susu ternak yang memberi banyak harta. Dijadikan pula kebun yang terdapat macam buah-buahan dan dibelahkan sungai-sungai mengalir di tengahnya.

10. Keutamaan Istigfar untuk Mendapat Keturunan
Keutamaan istighfar membuka pintu rezeki bukan hanya dalam bentuk harta, melainkan juga keturunan. Oleh karena itu, mereka yang mendambakan datangnya keturunan maka hendaknya beristighfar..

Sebagai umat Muslim, penting untuk mengetahui keutamaan dari bacaan istighfar yang istimewa dan luar biasa ini. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua dan kita bisa menjadi muslimin dan muslimah yang lebih baik lagi. Insyaallah. ( red )

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga  Ayah/Bunda/ Kakak dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata’ala. Aamiin

Yayasan Para Aulia Indonesia ( YPAI ) merupakan Lembaga sosial non profit yang bergerak di bidang sosial, Pendidikan, Kemanusiaan, dan Keagamaan yang didirikan pada Tanggal 5 september 2014 di Desa Ciledug Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Yayasan Para Aulia Indonesia mengajak Ayah/Bunda/ Kakak untuk menyisihkan Rizkinya, berbagi Sembako untuk Yatim & Dhuafa YPAI.

Allah SWT mengangkat amal perbuatan manusia, memberikan ampunan dan curahan kasih sayang.

Aktivitas2 di YPAI adalah Santunan Doa bersama Anak Yatim ( setiap Jum’at ), Santunan Door to Door, Santunan On The Road, Santunan PHBI dan Pembagian Nasi Kotak. Mengajarkan membaca Al-qur’an, Tahfiz Al Qur’an, serta Mengajarkan Matematika dan Bahasa Ingris bersama Yatim & Dhuafa.

Lihat aktifitas YPAI.
YouTube: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
FB: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
IG: ypai_foudation
Web : www.paraaulia.com

1. Sekretariat Yayasan:

Jalan MT. Haryono Mustika Gandaria A10. No.14 Desa Ciledug Kecamatan Setu Kab.Bekasi.

2. Rumah Belajar Yayasan:

Jalan MT.Haryono Perum Griya Setu Permai 3 blok JJ 1 nomor 12 RT 08/ RW 016  Desa Ciledug Kecamatan Setu Kab. Bekasi

Rek Donasi : a/n Yayasan Para Aulia Indonesia. ( YPAI )

* Bank Mandiri:156-00-1550848-6
* Bank Syariah Indonesia: 7174816411*
* Bank BRI:1186.01.000322304
* Bank BNI :1184563895
* Bank BJB :0061114610100

Konfirmasi. Telp (021) 82648989/ WA. 082125833065

Web: https://paraaulia.com/

CATEGORIES
TAGS
Share This