Tanaman Kakao Menjadi Unggulan di Mahulu

Mahakam – Tanaman Kakao atau yang lazim disebut Coklat merupakan unggulan di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Kakao memiliki branding dan punya nama untuk dikirim ke Sulawesi, dan pihaknya telah mempersiapkan langkah strategis guna meningkatkan harga kakao yang diterima petani” , ucap Ir.Dodit Agus Triono, M.P Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Mahakam Ulu, jumat (7/4/17) di ruang kerjanya.

20170408_135147

Menurutnya selama ini harga kakao ditentukan oleh media atau perantara yang disebut tengkulak. Jadi kedepan pihaknya akan menciptakan langkah yang lebih baik guna mengangkat harga kakao di mahulu, ungkapnya.

Lanjut disampaikan pengadaan bibit unggul vegetatif dan bukan generatif, karena yang vegetatif sudah tersebar dan mudah ditemukan.kualitasnya lebih baik.

Program pasca panen juga menjadi sangat penting pihaknya akan mengupayakan pengolahan kakao di masyarakat sebagai industri rumah tangga, tidak lagi menjual biji, tapi bisa berupa tepungnya, lemaknya, dapat juga di racik menjadi bahan makanan.

“Jadi diupayakan kakao nantinya yang keluar dari mahulu sudah berbentuk coklat batangan, atau minuman coklat” , jelasnya.

Diakuinya memang arah kesana sangat diperlukan proses dan tahapan untuk menuju kesana pihaknya telah melakukan Kerjasama dengan Millenium Chalenge Association dari Amerika, untuk membangun jaringan listrik di Long Pahangai yang berintegrasi dengan penolahan kakao tersebut, jadi diharapkan tahun depan ketika sarana infrastruktur kondisi baik, maka proyek tersebut dapat terus dikembangkan, tutupnya.
(Henry Situmorang)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS