Tes Urin Anggota TNI BNK Kab Bekasi Kerjasama Dengan Kodim 0509

Bekasi – Berantasnews.com Pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan di Aula Babinsa Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, Kamis (17/3) yang diikuti ratusan personel TNI Kodim dari seluruh Koramil secara mendadak dibarengi dengan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika (BNK) Kabupaten bekasi.

Sekitar pukul 09.00 ketika sosialisasi hendak dimulai, tiba-tiba mobil BNK meluncur ke Makodim dan memarkir kendaraan khusus berwarna biru itu di pinggir Aula Babinsa. Ketua BNK, Rohim Mintareja didampingi Dandim 0509, Letkol Inf. Nurdianto, S, Sos langsung memandu ratusan para personel TNI ini untuk melakukan tes urine.

Sekitar 5 personel BNK, yang terdiri dari beberapa dokter, langsung mengeluarkan alat test pack standar Badan Narkotika Nasional (BNN) yang diklaim dengan tingkat akurasi tes urine narkobanya hingga 1.000 kali lipat keakutarannya.

Satu per satu anggota TNI mengambil botol sample untuk urine dan segera menyerahkannya kepada personel BNK untuk diteliti menggunakan alat test pack standar BNN, One Step Diagnostic Test Device (DOA 3 in 1).

Dalam hitungan sekira 45 menit, hasil uji urine-nya telah keluar. Hasilnya sangat mengembirakan, seluruh personil TNI yang dites urine hasilnya negatif, alias bersih dari narkoba. “Bagi kami jika ada anggota yang positif menggunakan narkoba tak ada bedannya dengan masyarakat biasa. Kalau ada yang memakai ya selesai itu jadi tentaranya,” ujar Dandim 0509, Letkol Inf. Nurdianto kepada awak media.

Dijelaskan Nurdianto, narkoba ini tak ada baiknya untuk diri pribadi maupun keluarga. Maka dari itu dirinya mengajak seluruh jajarannya agar semangat memerangi narkoba di masyarakat. “Sidak mendadak tes urine ini adalah salah satu bentuk sinergitas bersama. Karena dari pemda lagi gencar-gencarnya memerangi masalah narkoba,” jelasnya.

“Kita akan dukung kegiatan ini. Tapi kita lakukan di internal dulu. Jangan sampai ada Babinsa yang kita luncurkan untuk membantu pemberantasan narkoba, justru malah ada dari kita yang terlibat. Itu yang paling penting. Karena itu saya tunjukkan kepada BNK bahwa di saya bersih,” sambungnya.

Ia menambahkan, langkah yang dilakukannya ini sesuai dengan arahan dan perintah dari Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo “Pada Juni ini seluruh jajaran TNI se-Indonesia harus bersih dari narkoba. Sehingga kita tindaklanjuti dan gayung bersambut. Tentunya dengan kita bersih dari narkoba, maka telah siap untuk membantu pemda memberantas narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua BNK Kabupaten Bekasi, Rohim Mintareja menuturkan, tes urine dadakan ini adalah salah satu program kerja dari pihaknya yang bekerjasama dengan Kodim 0509. “Saat ini dari Menpan juga sudah mengeluarkan surat edaran. Dari Panglima TNI juga sudah disarankan tes urine ini. Jadi kita lakukan tes urine ini secara dadakan agar anggota Kodim 0509 Kab, Bekasi ini bersih dari narkoba,” tuturnya.

Menurut Rohim, apa yang dilakukan di Kodim ini adalah tindak lanjut dari tes urine sebelumnya yang juga sudah dilakukan secara mendadak. Setelah sebelumnya dilakukan di Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kab, Beksi beberapa waktu lalu.

“Mungkin diinstansi lain juga akan dilakukan tes urine mendadak ini. Pokoknya waktunya tak akan dikabari dan pasti mendadak. Sebab, narkoba ini di wilayah kita paling banyak kasusnya. Maka harus digencarkan pemberantasannya,” jelasnya.

Yang pasti, kata dia, Minggu depan aksi tes urine ini akan kembali dilaksanakan di salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Minimal di SKPD yang personil lapangannya banyak, atau lainnya. Pasti kita tes semua mas,” janjinya. (sur)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS