Usai Lebaran Pantai Gedambaan Kotabaru Diserbu Pengunjung

Kotabaru – Kalsel – Situasi terbalik dari tempat wisata pada umumnya, Pantai Gedambaan, Kotabaru, Kalimantan Selatan, justru diserbu wisatawan setelah lebaran.

Ketika hal ini ditanyakan ke Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotabaru, Khairil Anshari, oleh wartawan media ini mengatakan, memang seperti biasanya pantai ini membludak pasca lebaran, namun tahun ini tumpah pengunjung lebih banyak daripada tahun tahun sebelumnya, ujarnya.

Di Kotabaru, lanjut kepala dinas, wilayah wisata Kotabaru sedang membenahi lima destinasi untuk unggulan wisata kabupaten. Akan tetapi dua diantaranya akan merubah wajah yakni Siring Laut dan Pandai Gedambaan yang membludak pasca lebaran kemarin, jelas Kadis.

Untuk Siring Laut pada tahun 2017 ini sudah dianggarkan Rp 6,5 milyar untuk pembangunan dan untuk Pantai Gedambaan senilai Rp 3,5 milyar, juga pembangunan Tes Karya yang tadinya hanya di ujung timur akan dibangun di ujung barat, sehingga akan tembus yang memudahkan transportasi wisatawan.
“Jadi nantinya tinggal mengisi tengah-tengahnya aja lagi”, kata Khairil.

Kemudian, akan diupayakan tambahan anggaran untuk segala asesoris di Siring Laut dan Pantai Gedambaan seperti lampu taman dan kolam renang yg dibuat oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata agar kenyamanan pengunjung lebih sempurna lagi, harap kadis yg berharap semoga DPRD menyetuinya.

Untuk kenyamanan wisatawan saat lebaran ini pihaknya menambah pengamanan agar wisatawan aman berwisata di dua tempat wisata andalan Kotabaru. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menjamin keamanan dan keselamatan wisatawan, kata kadis sembari menambahkan bahwa dirinya juga berkordinasi dengan kepolisian, tim kesehatan, perangkat desa dan camat setempat.

Khairil menargetkan puluhan ribu wisatawan lokal maupun internasional datang ke Kotabaru sebagai daya tarik wisata, ujarnya mengakhiri wawancara. (Yusuf/SPB)

CATEGORIES
TAGS
Share This