Fragmen Taman Soka dan Peragaan Adat Budaya Jawa Akan Digelar Di Anjungan Jawa Tengah TMII

Jakarta(BerantasNews)-Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta dalam rangka nguri – uri budaya Jawa Tengah, pada hari Minggu, 31 Juli 2016 mulai pukul 10.00 WIB akan menggelar Pentas duta seni Kota Surakarta, menampilkan Tari Golek Manis, Fragmen Ramayana Taman Soka dari Wayang Orang Sriwedari, Upacara Adat Nebus Kembar Mayang” dan Peragaan Busana Manten Solo Basahan dari Solo Putri.
Fragmen Ramayana Taman Soka mengambil cerita, Keserakahan dan keegoisan Rahwana membuat gaduh dan kehancuran alam semesta, Saat itu kebahagiaan hati seorang wanita telah direnggut karena terpisah dari pujaan hatinya Dialah Sang Dewi Shinta”. Taman Soka gambaran keindahan dan keelokan dunia, dimana para wanita selalu merindukannya. Namun keindahan Taman Soka tidak mampu membuat Dewi Shinta tenteram dan bahagia. Taman Soka sebagai saksi dimana Dewi Shinta diuji kesetiannya terhadap Prabu Ramawijaya.
Kerinduan dan kasih sayang membuat Prabu Ramawijaya memerintahkan Sang Anoman pergi ke Alengkadiraja sebagai duta untuk mengambil kembali Sang Dewi Shinta. Kepatuhan dan pengabdian Sang Anoman diuji karena mengemban tugas suci sebagai abdi yang mulia….
Rombongan Duta seni Kota Surakarta dipimpin langsung oleh Ibu Eny Tyasni Suzana Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta.
Berbagai agenda kegiatan yang akan digelar di Kota Surakarta diantaranya Solo International Performing Art ( SIPA ) yang akan digelar pada tanggal 8 10 September 2016 di Benteng Vastenburg, Grebeg Besar pada tanggal 13 September 2016 di Keraton Surakarta Masjid Agung, Festival Payung Indonesia digelar di Taman Balekambang pada tanggal 23 25 September 2016 sedangkan pada tanggal 30 September 1 Oktober 2016 akan digelar Solo City Jazz di Benteng Vastenburg.
Kepala Kantor Perwakilan Jawa Tengah Koesdarminto mengharapkan kepada Masyarakat Umum pecinta Budaya Jawa Tengah serta untuk datang ke Anjungan Jawa Tengah TMII menyaksikan Pentas Duta Seni Kota Surakarta, serta melihat promosi potensi Wisata yang ada di Kota Surakarta, kegiatan ini bersifat bebas untuk Umum. Indiawan_dedy #Jateng_Gayeng.(Nanggar/indi)

CATEGORIES
Share This