100 Perusahaan di Kubar, diminta Dukung Program Magang

Kutai Barat – Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di Perusahaan yang bergerak di Kabupaten Kutai Barat Propinsi Kalimantan Timur, terbuka untuk siapa saja, karena ke depan akan di terapkan program magang.

“Program magang ini berkaitan erat dengan penempatan, dan perluasan tenaga kerja, karena program magang pada perusahaan adalah upaya pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten kota.untuk menyiapkan tenaga kerja terampil, dan siap kerja dalam rangka era globalisasi, yang persaingan kerjanya semakin ketat, dan membutuhkan keterampilan khusus sesuai kompetensi keahlian” , ucap Plt.Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Barat, Yulius Memphin, kamis (13/4/17) di ruang kerjanya.

Untuk mendukung program itu, kabupaten kubar harus menyiapkan paling sedikit 100 perusahaan peserta deklarasi, dan wajib menyiapkan sampel peserta magang, untuk di deklarasi di Balikpapan nanti, terangnya.

Lanjut dia, besar harapan setiap perusahaan yang kerjanya berada di kabupaten kubar, siap membuat surat pernyataan bersedia mengikuti deklarasi di balikpapan yang akan di buka langsung oleh, Presiden Joko widodo.surat pernyataan perusahaan yang bersedia mengikuti deklarasi ini, wajib mengisi surat pernyataan diatas kertas bermeterai 6000 (enam ribu rupiah), untuk di kirim ke panitia penyelenggara sebagai peserta, sebelum 15 Mei 2017, paparnya.

Menurut dia, ke depan tidak ada lagi persoalan terkait penerimaan tenaga kerja di perusahaan yang beroperasi di kubar, lokal maupun dari luar daerah karena sudah ada program magang.

Peserta Perusahaan yang akan mengikuti program ini terdiri dari 10 sektor usaha, diantaranya Perusahaan Pertambangan batu bara maupun Perkebunan kelapa sawit.

“Dasar Hukum Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenaga kerjaan, Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 Tentang Pelatihan Kerja Nasional, dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 36 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri” , tutupnya.
( Henry Situmorang )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS