BPBD Provinsi Sumut Gelar Pelaksanaan Pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

BPBD Provinsi Sumut Gelar Pelaksanaan Pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

Medan-BPBD Provinsi Sumatera Utara gelar Pelaksanaan Pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasana) dimulai tanggal 11 Juli sampai dengan 14 Juli 2023 bertempat di Hotel Alam Cordella Medan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPBD Provsu Tuahta Ramajaya Saragih, AP, M.Si, didampingi Kepala Pusdiklat BNPB dan Kepala BPSDM Provsu Selasa (11/7/2023).

Kepala BPBD Provsu dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khususnya personil BPBD dan OPD Teknis yang tergabung dalam Tim JITUPASNA, sehingga terwujud pemahaman yang sama antara Pemda dan Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan pengkajian kebutuhan pasca bencana. Selain itu mendorong kepada Pemerintah Kab/Kota melalui BPBD membentuk tim Jitupasna di daerahnya masing-masing agar mempercepat peningkatan kemampuan daerah dalam upaya pengkajian rehabilitasi dan rekonstruksi serta analisis kebutuhan pasca bencana dengan lebih baik, lebih aman dan berkelanjutan.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB, Kheriawan, S.Pd.I., M.M yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan pelatihan JITUPASNA merupakan salah satu kesempatan untuk dapat mensinergikan berbagai informasi terkait perkembangan dan upaya yang perlu dilakukan dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana supaya dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat.

Perhitungan kerusakan, kerugian, serta dampak bencana sangat penting sebagai dasar perumusan kebutuhan untuk pemulihan pascabencana berdasarkan prinsip membangun lebih baik, lebih aman, dan berkelanjutan.

Pada pelatihan ini, para peserta tidak hanya belajar dalam perhitungan kerusakan dan kerugian pada sektor pertanian akibat banjir, tetapi juga akan melakukan simulasi jitupasna yang terdiri pada sektor perumahan, infrastruktur, ekonomi, sosial, dan lintas sektor pada bencana-bencana lain, seperti tanah longsor, abrasi pantai, rob , gempa, kebakaran hutan dan lahan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga merupakan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provsu Zulham Efendi Siregar, ST, MH dalam laporannya menyampaikan BPBD Provsu melaksanakan kegiatan JITUPASNA Angkatan Ke-II, bekerjasama dengan BPSDM Provsu dan Pusdiklat BNPB RI dan diikuti 45 peserta dari 20 BPBD Kabupaten/Kota se Sumut.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kabid Kompetensi BPSDM Provsu Gadis Melani Rusli, SH, serta ada 3 Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten/Kota yang turut menjadi peserta, diantaranya Kepala Pelaksana BPBD Kota Medan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Deli Serdang dan Kepala Pelaksana BPBD Tebing Tinggi.

Narasumber berasal dari Tim pengajar Pusdiklat BNPB, Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB dan BPSDM Provsu. (S.Hadi Purba)

CATEGORIES
TAGS
Share This