Airlines Dilarang Ucapkan “Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta”

TANGERANG, berantasnews.com Banyak orang menyebut bahwa Bandara Soekarno-Hatta berada di Jakarta. Padahal, letak bandara internasional tersebut berada di Tangerang, Banten. Untuk meluruskan hal tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi sampai mengeluarkan surat edaran untuk menjelaskan keberadaan Bandara Soekarno-Hatta.

“Buat surat edaran kepada semua airline dan pihak lainnya kalau Bandara Soekarno-Hatta bukan di Cengkareng, tetapi di Tangerang. Kami lakukan itu karena memang letak bandara di Tangerang, dan kami menghormati hal itu,” ucap Budi Rabu (27/1/2016).

Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano menjelaskan, menurut isi surat edaran tersebut, semua maskapai penerbangan mengubah penyampaian kalimat selamat datang. Perubahannya dari “Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta” menjadi “Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten”.

“Semua papan informasi juga akan diubah menyertakan keterangan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten,” kata Yado.

Penyebutan nama lokasi Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta, sempat mendapat protes dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Arief berpendapat, penyebutan nama Cengkareng, Jakarta, tidak tepat karena Bandara Soekarno-Hatta jelas berada di Tangerang. Arief juga meminta agar kode CGK untuk Bandara Soekarno-Hatta diganti. Namun, Budi mengungkapkan, kode CGK untuk Bandara Soekarno-Hatta tidak diganti karena sudah masuk dalam kode penerbangan internasional. Dengan demikian, kode CGK kemungkinan besar akan tetap dipakai dengan mengganti keterangan Bandara Soekarno-Hatta bertempat di Tangerang. (BN)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS