Apa itu Rezeki ?

Apa itu Rezeki ?

Vidio Kegiatan Tiap Hari dan Santunan  Doa Bersama Yatim Dhuafa Kamis dan Jum’at, 21 dan 22/10/2021

Secara umum, rezeki adalah segala sesuatu dari Allah Swt yang bermanfaat dan yang dihalalkan, bisa berupa uang, makanan, pakaian, hingga pasangan yang saling menentramkan. Rezeki juga bisa berupa keturunan yang saleh dan salehah serta nikmat sehat, pendengaran, penglihatan dan lain sebagainya.

Dari pengertian di atas dapat dikatakan bahwa rezeki merupakan sesuatu yang halal. Sehingga ketika ada seseorang yang mencuri, maka hasil curiannya itu bukan termasuk bagian dari rezeki.

Dalam surah Ar-Rum ayat 40, Allah Swt berfirman,

Artinya: Allah lah yang menciptakan kamu, kemudian memberikanmu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.

Meski kita tahu bahwa Allah Swt adalah Zat yang Maha Memberi Rezeki dan rezeki itu tidak mungkin salah alamat, tetapi bukan berarti kita layak untuk pasrah dan bermalas-malasan. Sudah selayaknya rezeki harus kita usahakan. Allah Swt berfirman,

Artinya: Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al-Jumuah ayat 10)

Menurut tafsir Ar-Razi, perintah Allah agar manusia bertebaran di muka bumi setelah salat bermakna mencari rezeki atau menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Tafsir Ar-Razi juga menambahkan bahwa alangkah baiknya setelah selesai salat (salat Jumat), kita tidak beristirahat di dalam masjid, bermalas-malasan atau tidur melainkan berusaha meraih karunia Allah yang berlimpah di muka bumi.

Oleh karenanya, kita sebagai muslim yang yakin bahwa Allah Maha Kaya sudah sewajarnya bekerja keras untuk meraih rezeki dengan cara-cara yang baik. Selebihnya, ketika kita sudah memperoleh rezeki yang dicari, maka seharusnya kita memanfaatkan rezeki itu dengan sebaik-baiknya .

Misalnya, dengan rezeki lebih yang kita dapat dari Allah kemudian kita bagikan kepada orang lain yang membutuhkan, insyaAllah ini akan menjadi amalan yang tidak pernah putus pahalanya meski kita sudah meninggal dunia.

Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda, Manusia yang paling dicintai Allah adalah mereka yang paling memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya.” (HR. Thabrani)

Demikian semoga Allah Swt senantiasa melapangkan rezeki kita.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Ayah/Bunda/ Kakak dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata’ala. Aamiin

Yayasan Para Aulia Indonesia mengajak Ayah/Bunda/ Kakak untuk menyisihkan Rizkinya, berbagi Sembako untuk Yatim & Dhuafa YPAI.

Allah SWT mengangkat amal perbuatan manusia, memberikan ampunan dan curahan kasih sayang.

Aktivitas2 di YPAI adalah Santunan Doa bersama Anak Yatim ( setiap Jum’at ), Santunan Door to Door, Santunan On The Road, Santunan PHBI dan Pembagian Nasi Kotak. Mengajarkan membaca Al-qur’an, Tahfiz Al Qur’an, serta Mengajarkan Matematika dan Bahasa Ingris bersama Yatim & Dhuafa.

Lihat aktifitas YPAI.
YouTube: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
FB: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
IG: ypai_foudation
Web : www.paraaulia.com

Salam Santun💂🧕 Adik Adik  Yatim Binaan YPAI
*Reni*

https://paraaulia.com/

#BerbagiNasi/sembako@20.000/ @50.000
#TunaikanZakat,infaq,shodaqoh,wakafdiYPAIaja
#Berbagiitumembahagiakan
#BantuSaranaPrasaranaBelajar

Rek Donasi : a/n Yayasan Para Aulia Indonesia. ( YPAI )

* *Bank Mandiri:156-00-1550848-6*
* *Bank Syariah Indonesia*: 7174816411*
* *Bank BRI:1186.01.000322304*
* *Bank BNI :1184563895*
* *Bank BJB :0061114610100*

Konfirmasi. Telp (021) 82648989/ WA. 082125833065

CATEGORIES
TAGS
Share This