Cek Ketahanan Pangan, Kabaharkam Polri Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara Polda Kaltim

Balikpapan – Hari ini, Kamis, 17 September 2020, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur.

Setelah memberikan pengarahan dalam rangka supervisi Ops Aman Nusa II di Mapolda Kaltim, Komjen Pol Agus Andrianto dan rombongan langsung bergeser ke Kampung Tangguh Nusantara Polda Kaltim yang ada di Kota Balikpapan.

Di Kampung Tangguh ini Kabaharkam Polri berkesempatan menggelar Bakti Sosial, Penanaman Bibit Tanaman Apotek, dan Panen Raya Kangkung. Baksos digelar dengan pendistribusian bantuan 500 kg pupuk, 1.000 kg beras, dan 25.000 masker. Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat terdampak COVID-19. Adapun masker didistribusikan kepada para Danramil, Kapolsek, Camat, dan tokoh masyarakat. Sementara Penanaman Bibit Tanaman Apotek dan Panen Raya Kangkung merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang dicanangkan Polri.

“Program Ketahanan Pangan adalah tindak lanjut dari apa yang dilaksanakan Kapolri dan Panglima TNI untuk menggelorakan ketahanan pangan karena dampak COVID-19. Di jajaran Polri, Kapolri mengintruksikan kepada Kapolda dan Kapolres untuk membuat terobosan ketahanan pangan di seluruh Indonesia,” jelas Komjen Pol Agus Andrianto dalam sambutannya.

Komjen Pol Agus Andrianto menerangkan, kedatangannya ke Kaltim adalah atas undangan Kapolda untuk supervisi ketahanan pangan di Kaltim, program yang sudah dilaksanakan sebagai turunan dari program pemerintah pusat.

“Pandemi COVID ini dampaknya bukan hanya kesehatan tapi dampak lainnya pula, bahwa kita diambang resesi, dan COVID ini adalah bencana nasional. Ini kejadian bukan yang biasa, jadi kita tidak bisa bekerja secara biasa-biasa saja, harus ekstra,” katanya.

“Mudah-mudahan harapan pemerintah pusat bisa diimplikasikan di seluruh Indonesia, terutama di Kaltim. Kaltim bisa bantu Indonesia menjadi Indonesia yang sehat, Indonesia yang bisa berdiri dengan kaki sendiri,” harap Komjen Pol Agus Andrianto.

Atas nama pemerintah daerah, Gubernur Kaltim, Isran Noor, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kabaharkam Polri atas kunjungan dan arahannya kepada masyarakat. Menurut Isran Noor, hal itu dapat menjadi gambaran bagaimana pihak kepolisian mengembangkan dan membangun ketahanan pangan nasional dalam menghadapi COVID-19.

“Kaltim secara umum kondisi Kamtibmas sejak dulu relatif kondusif, tidak pernah terjadi konflik sara, dan perannya terhadap bangsa cukup besar sebagai penghasil devisa negara dari sumber daya alam–ekspor, sampai Juni surplus untuk nilai ekspor kita karena pertumbuhan itu dibentuk oleh konsumsi, investasi, dan nilai ekspor,” ungkap Isran Noor.

“Kedatangan Kabaharkam adalah sebuah berkah di sini. Mudah-mudahan upaya seperti ini terus dikembangkan,” harapnya. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This