Desa Karangsari Kec. Ciktim, Meriahkan HUT RI KE-72 Dengan Kirab 5000 Bendera Merah Putih

BEKASI – Ribuan pemuda-pemudi warga Desa Karangsari Kecamatan Cikarang Timur Kab. Bekasi Jawa Barat beserta para siswa setingkat SD, SLTP, SLTA hingga 16 komunitas organisasi pemuda, diantaranya SERCAL, IPGP, GPS, BOSLON, PJB, IRMA, HBRC, IPBM, IPKAR, Checo, LPM, OI BERKEM, RGT, IRKAT, KARANGSARI VISIONER, dan organisasi baru TMP (Taruna Merah Putih) Karangsari tumpah ruah memadati jalan Karangsari hingga ke Lemahabang dalam rangka merayakan hari ulang tahun RI yang Ke-72 tahun, Minggu 20/08/2017.

Memang langka dan unik yang dilakukan warga Desa Karangsari dalam merayakan hari ulang tahu (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, yaitu dengan Kirab 5000 bendera merah putih. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Camat Cikarang timur, Ani Gustini, Kapolsek Cikarang Timur, Kompol, Liston Marpaung, Danramil 08/Lemah Abang, Kapten ARM, Parjiana,S. Sos, M.Si dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Karangsari Umbara mengatakan, kegiatan tersebut atas inisiasi dari para pemuda-pemudi Desa Karangsari, untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72 tahun dan supaya masyarakat sekitar bisa timbul rasa Nasionalisme serta mempunyai nilai-nilai Pancasila.

“Kami selaku pemerintah desa sangat mendukung kegiatan-kegiatan pemuda yang positif, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini sengaja kita lakukan di hari Minggu, karena mayoritas penduduk kita itu adalah buruh pabrik,” terang Umbara.

Hal senada juga dikatakan Panca Bantala, selaku Ketua Panitia, dirinya membenarkan pernyataan Pak Kades. Ia bersama rekan-rekan pemuda pemudi Karangsari yang menginisiasi agenda perayaan HUT RI ke-72 ini. Acara ini memang sudah direncanakan dari jauh hari, memang dulu awalnya kita ingin adakan bukan Kirab Bendera Merah Putih.

 

”Dulu rencana awal sih karnaval dan bentangkan bendera merah putih yang besar, sepanjang 1KM. Namun dalam perjalanan diskusi dan ngobrol bareng rekan-rekan muda mudi di Karangsari bersama Pak Dewan Nyumarno, kita rubah menjadi Kirab 5000 Bendera Merah Putih,” kata Panca.

Diakui Panca, dirinya sangat berterimakasih kepada rekan-rekan panitia yang lain, seperti Rudi Hartono, Nanang, Anda Suhanda, Dedi Iskandar, Ferry Sandria, Kusnandar, Riyan, Nenda, Dede, Imam Sopwan,Deni, Rezky, dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

”Tak lupa juga pihak-pihak sponsor yang sudah turut membantu, baik secara materi maupun door prize,” katanya.

Ditanya tentang maksud dan tujuannya, Panca Bantala selaku Ketua Panitia menjelaskan, ini bentuk penghargaan kami kepada Sang Saka Merah Putih, serta untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini kepada rekan-rekan pemuda pemudi Karangsari.

”Desa Karangsari ini juga napak tilasnya Bung Karno pendiri bangsa, terletak antara Karawang-Bekasi, ini juga point yang ingin kita ingatkan terus,” pungkasnya.

Dalam gelaran Kirab 5000 Bendera Merah Putih ini, turut hadir anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, dirinya mengatakan, bahwa moment perayaan HUT RI ke-72 ini dapat dirayakan dengan berbagai cara. Salah satunya yang diinisiasi rekan-rekan Pemuda Pemudi Karangsari ini.

”Dulu awalnya mereka pengen karnaval dengan membentangkan Bendera Merah Putih lebarnya 4 meter dan sepanjang 1 km. Saat beberapa kali diskusi, waktu itu bulan puasa di Desa Karangsari, saya sarankan rekan-rekan mengganti kegiatan dengan Kirab 5000 Bendera Merah Putih dulu saja. Mengingat event ini baru akan dilaksanakan pertama kali, kita belum bisa lihat nanti kerapian barisan peserta saat dijalan. Takutnya kalau dengan karnaval Bendera Merah Putih selebar 4 meter dan sepanjang 1km malah mengganggu pengguna jalan yang lain, disamping juga rada susah memesan bendera sepanjang itu,” saran Nyumarno.

Dikatakan Nyumaro, dirinya juga mengapresiasi tentang kinerja para pemuda-pemudi Karangsari ini, acara dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti. Apresiasi juga ditujukan kepada Kades, Camat, serta pihak-pihak yang turut membantu pelaksanaan Kirab 500.

CATEGORIES
TAGS
Share This