Dirut PT Garam Ditangkap Penyidik Dittipideksus Bareskrim

Jakarta – Penyidik Dittipideksus Bareskrim pada hari sabtu 10 Juni 2017 sekitar pukul 14.00 melakukan penangkapan terhadap tersangka Achmad Boediono yang juga sebagai Dirut PT Garam (persero).

Tersangka ditangkap di rumah dengan alamat perumahan prima lingkar luar blok b3 no.28-29 rt 05 rw 08 kel jati bening kec pondok gede kota Bekasi Jawa Barat.
Tersangka ditangkap terkait dengan dugaan tindak pidana penyimpangan importasi & distribusi garam industri sebanyak 75.000 ton.

PT Garam selaku BUMN menerima penugasan dari Menteri BUMN untuk mengimport garam konsumsi dalam rangka pemenuhan kebutuhan garam konsumsi nasional. Namun
Sesuai Surat Persetujuan Import yang dikeluarkan oleh Kemeterian Perdagangan, yang diimpor oleh PT Garam adalah garam industri dengan kadar NaCL diatas 97%, .

Sebagaimana dikatakan DirTipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya. Sabtu, 10/06/2017.
“Garam industri yang diimport tersebut sebanyak 1000 ton dikemas dalam kemasan 400 gram dengan merek Garam cap SEGI TIGA G, dan dijual untuk kepentingan konsumsi.
Sedangkan sisanya 74.000 ton diperdagangkan / didistribusikan kepada 45 perusahaan lain,” ucap Agung

“Sebagiamana tertuang dalam pasal 10 Permendag 125 tahun 2015 tentang ketentuan importasi Garam, bahwa importir garam industri dilarang memperdagangkan/memindahtangankan garam industri kepada pihak lain,” Jelas Agung

“Sementara yg dilakukan PT Garam bukan hanya memperdagangkan/memindahtangankan bahkan mengemas menjadi garam konsumsi untuk dijual kepada masyarakat,” ungkap Agung

Terhadap tersangka diduga melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 62 UU Perlindungan Konsumen, pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi dan pasal 3,5 UU Pencegahan dan Pemberantasan TPPU, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun.

Bocornya garam industri untuk kepentingan konsumsi tentu akan melemahkan produksi garam petani dalam negeri, dan akan menghambat program nawacita presiden.
Bareskrim Polri akan terus mendukung program Presiden Jokowi terkait dengan swasembada pangan termasuk juga swasembada Garam. ( Sri S )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS