KAPOLRI APRESIASI PROGRAM INOVASI CJS POLRES JEMBER

BN, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D mengapresiasi kembali inovasi Polres Jember. Pernyataan ini diungkapkan saat berlangsungnya Video Conference (Vidcon) pada pelaksanaan Gelar Operasional (GO) yang diikuti pejabat utama Mabes Polri dan Kapolda Seluruh Indonesia, di Aula Rupatama Mabes Polri, Rabu sore (14/09/2016).

Kebijakan utama dalam membangun Rencara strategi Polri “Strive For Excellence“ digaungkan Kapolri melalui tagline Promoter (Profesional-Modern-terpercaya). Promoter dianalogikan sebagai Ideologi dasar untuk membangun Polri yang professional dan modern, dengan Outcome Final-Public Trust.

“Commander Wish (harapan pimpinan) dapat dianalogikan sebagai Pembukaan UUD 1945, yang kemudian dijabarkan dengan 11 Program Prioritas dengan tindak lanjut penjabaran program prioritas yaitu optimalisasi aksi nyata 61 Program kerja“ungkap Kapolri

20160923_112839

Kapolri menekankan pentingnya Commander Wish agar perlu dipahami sampai pada tingkat pelaksana grass roat. Ditekankan pula bahwa inti kebijakan Commander Wish itu goal-nya adalah peningkatan citra kepolisian (Public Trust). Kekuasaaan negara demokrasi itu terletak pada kekuatan rakyat, untuk itu setiap lembaga negara harus survive pada public trust. Dalam membangun kepercayaan masyarakat (public trust ) ada 5 langkah penting yang harus dilakukan jajaran kepolisian yakni ; reformasi kultural, perbaikan layanan publik, Peningkatan profesionalisme di bidang penegakan hukum, peningkatan stabilitas kamtibmas dan manajemen media .

Pada kesempatan Vidcon pertama Kapolri telah memberikan apresiasinya kepada Polres Jember atas Inovasi pelayanan publik berbasis IT melalui Program Aplikasi Android “WAR dan Kentongan Online“.

Sementara itu pada vidcon yang digelar hari ini, apresiasi Kapolri atas kinerja Polres Jember kembali diungkapkan namun terkait kebijakan Commander Wish di bidang peningkatan profesionalisme penegakkan hukum.

Kapolri menyatakan angkat topi atas Inovasi Criminal Justice Sistem Polres Jember yang telah melakukan kerjasama dengan baik bersama kejaksaan dan pengadilan (CJS) terkait sistem permohonan ijin sita dan geledah online, dan telah melakukan upaya memperbaiki sistem penyidikan dan sistem pengawasan perkembangan kasus yang bisa di integrasikan bersama Kejaksaan. Dengan demikian kasus di Kepolisian,, Kejaksaan dan pengadilan memiliki data data yang sama.

“Saya heran adik kita itu dapat ilmu dari mana, sehingga mengalami kemajuan melangkahnya begitu cepat , saya berpikir bila hal ini dilakukan di Mabes Polri tentunya luar biasa sekali “ kata Kapolri saat memimpin Vidcon Gelar Opsnal Mabes Polri.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS