Kapolri dan Panglima TNI Cek Kesiapan Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Medan

Medan – Kapolri Jenderal Polisi Prof.H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menghadiri Apel Gelar Pasukan TNI – Polri dalam rangka mengecek kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (11/4/2019).

Kegiatan apel gelar pasukan diikuti sebanyak 4000 personel gabungan TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumatera Utara dan Pangdam I / Bukit Barisan.

Dalam arahan apel, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Agus Adrianto. SH. MH. menyampaikan bahwa bangsa indonesia saat ini akan menyongsong perhelatan akbar 5 tahunan yaitu Pemilu 2019, lebih kurang 6 hari lagi akan dilaksanakan tepatnya tanggal 17 April 2019.

“Kepada seluruh personil agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, terus pererat sinergisitas yang telah dibangun antar aparat pengamanan dan seluruh elemen masyarakat guna menjamin keamanan dalam sisa waktu kampanye terbuka, pemungutan suara dan penghitungan suara” tegas Kapolda Sumatera Utara.

Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Pangdam I / Bukit Barisan. Dalam arahannya, Pangdam menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dalam melakukan pengamanan mulai dari berjalannya kegiatan di TPS, sampai dengan mengawal kotak suara sampai ketempat yang di tuju.

Selesai pelaksanaan apel, Panglima TNI dan Kapolri didampingi oleh Pejabat Utama Mabes TNI dan Mabes Polri melaksanakan pengecekan pasukan apel.

Dalam kesempatan tersebut Kapolri Jenderal Polisi Prof.H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyampaikan “Hari Senin, kita akan melaksanakan vicon bersama Menkopolhukam dan akan disosialisasikan oleh KPU terkait peraturan MK yang terbaru tersebut. Sehingga seluruh anggota pengamanan TPS paham akan peraturan MK tersebut”.

Setelah melakukan pengecekan, Panglima TNI dan Kapolri meninjau ke Posko Pengamanan Pemilu 2019 di Kodim 0201/BS Medan dan melepas konvoi patroli gabungan skala besar dalam rangka Show of Force untuk memberikan rasa aman dan ketenangan pada masyarakat.

Kemudian rombongan menuju Wisma Benteng untuk melaksanakan Anev Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019.

Selesai melaksanakan Anev Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019, Kapolri dan Panglima TNI melaksanakan peninjauan Posko Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Mapolrestabes Medan.

Dalam kegiatan tersebut Kapolrestabes Medan memaparkan terkait kesiapan dan peta kerawanan di Kota Medan.

Dalam kunjungan ke Sumatera Utara, Kapolri didampingi oleh Pejabat Utama Mabes Polri antara lain Asops Kapolri, Kadiv Humas Polri dan Dankorbrimob. ( sri )

CATEGORIES
Share This

COMMENTS