Kelompok Tani Blokir Jalan, PT. Kaswari Unggul Tidak Memberikan Kepastian

Tanjab Timur, Jambi -Kelompok Tani “Suka maju” melakukan aksi blokir jalan akses aktivitas perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Kaswari Unggul dengan melakukan penutupan Jalan di Desa Rantau Karya Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kamis 24/5/2018 kemarin.

Ketua Kelompok Tani, Muhammad selaku pemimpin Aksi mengungkapkan, ”aksi blokir atau penutupan jalan perusahaan ini merupakan buntut dari kekecewaan warga atas sikap dari Manajemen PT. Kaswari Unggul”.

Karena pihak PT yang tak kunjung merealisasikan lahan plasma, dari 20 persen lahan kehidupan untuk masyarakat atau Kelompok Tani Suka Maju sesuai yang tercantum didalam izin Hak Guna Usaha (HGU) PT. Kaswari tersebut.
‘’Kemudian, kita menuntut kepada PT. Kaswari untuk dilakukan pengukuran ulang terhadap luasanya lahan sesuai izin yang didapat perusahaan tersebut.

Kami dari Petani meminta supaya perusahaan dapat merealisasikan CSR-nya sesuai peruntukannya, agar bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat sekitar perusahaan sesuai itu Kesepakatan yang tertuang dalam pertemuan pada 19 April 2018 yang lalu,” ungkapnya.

Petani juga menuntut perusahaan untuk segera memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan untuk dijadikan tenaga kerja di PT. Kaswari Unggul. Dan lahan-lahan yang masih konflik dengan masyarakat yang ada didalam SK HGU untuk dilepaskan jangan dimiliki “Kami juga minta perusahaan segera menyelesaikan persoalan atas pemakaian nama Kelompok Tani Suka Maju yang diduga PT. Kaswari Unggul telah memalsukan dokumen Kelompok Tani,” sebutnya.

“Karena perjanjian atau permohonan itu belum direalisasikan pihak PT. Kaswari Unggul, makanya kami melakukan aksi menduduki jalan hingga perusahaan merealisasikan permohonan kami ini, supaya pihak perusahaan dapat dengan segera merealisasikan permohonan yang sudah disepakati bahkan sudah tertuang dalam peraturan,” imbuhnya.

Selain memblokir jalan, petani juga akan melayangkan surat kepada Kementerian dan Presiden Ri agar persoalan ini dapat ditindak lanjuti dengan segera. “Kelompok Tani hanya minta permohonan yang disekapati itu direalisasikan dengan baik dan nyata, bukan hanya janji – janji saja yang di berikan kepada petani,” ucapnya.

Sementara itu, Humas PT. Kaswari Unggul Saharudin saat dikonfirmasi awak media belum dapat memberikan keterangan terkait aksi yang dilakukan Kelompok Tani tersebut, ujar pemimpin Aksi. (jumi)

CATEGORIES
TAGS
Share This