Keluarga Bugis Kalimantan Barat GelarTudang Mandre Sipulung

Kubu Raya – Organisasi persatuan Bugis Kalimantan Barat Idi Pada Idi (IFI), menggelar kegiatan tudang Mandre Sipulung (duduk Makan bersama) di tempat Kediaman Mantan Kepala Desa sungai Belidak Kecamatan Kakap Kabupaten Kubu Raya, Jumher, Jumat (4/5/2018).

Dalam sambutannya, Ketua Umum IFI Kalimantan Barat.Zulkarnaen.M.Amin Mengatakan

“Tudang mandre  sipulung adalah kegiatan Duduk makan bersama, yang mana didalamnya ada orang tua dan para tokoh dengan tujuan untuk mencari solusi dalam suatu masalah,” imbuhnya.

Kegiatan Tudang mandre Sipulung sendiri merupakan yang pertama Kali dilaksanakan.

Melalui kegiatan ini kita ingin kembali membangkitkan budaya adat bugis khususnya di kecamatan kakap yang mana sudah mulai punah, di katakan pula berdirinya Organisasi ini sejak tahun 2013 yang digagas anak Bugis Kalimantan Barat dengan jumlah anggota kurang lebih 2.000 yang tergabung di Mensos, katanya.

Tampak hadir para tamu undangan dari Organisasi (IFI), Bupati Kabupaten Kubu Raya H.Rusman Ali Raja mempawah XIII Pangeran Ratu Mulawangsa Dr.Ir.Mardan Adijaya,M.Sc.Beserta Rombongan, Ketua KKSS Kalimantan Barat, Ketua KKSS Kabupaten Kubu Raya, Raja Kubu Syarif Para tamu undangan dan masih banyak lagi.

Sementara Bupati Kubu Raya H.Rusman Ali.SH mengatakan sangat mengaspresiasi kegiatan ini selain menjadi ajang silahturahmi antara suku Bugis ini juga bisa di jadikan suatu alat politik untuk mencari masa selama tidak bertentangan dengan hukum, terangnya.

Bupati juga berpesan kepada Suku Bugis yang mana selama ini belum pernah kedengar suku Bugis di Kabupaten Kubu Raya yang berbuat anarkis, untuk itu mari kita jaga kerukunan yang sudah terjalin baik ini dan ini menjelang pilkada mari kita selalu tetap rukun tidak saja untuk Suku Bugis, tapi semua Eknis harus tetap rukun jangan mudah terprovokasi, pintanya.

Ditempat terpisah di sela-sela kegiatan mantan kepala Desa sungai Belidak Jumher A.MD dan juga selaku tuan rumah kepada awak media ini mengatakan melalui kegiatan ini Tudang Mandre Sipulung yang dilaksanakan Organisasi Persatuan Bugis Kalimantan Barat, mengarahkan Idi pada idi untuk memperluas tali silahturahmi sesama Bugis dan kedepannya Organisasi persatuan Bugis Kalimantan Barat (IFI) akan mengadakan bakti sosial supaya ada aura positif kegiatan Organisasi persatuan Bugis Ini kata mantan kepala Desa sungai Belidak, JUMHER A.MD.

Lebih lanjut dikatakan Mantan kepala Desa Sungai Belidak Jumher, kami dari Idi pada Idi mengajak suku suku lainnya untuk mengadakan suatu silahturahmi untuk memperkuat jalinan silahturahmi.

Dimana kita ketahui di kabupaten Kubu Raya dengan keberagam suku etnis melalui kegiatan ini kita dapat menjaga toleransi, pintanya.

Apalagi menjelang pilkada yang mana kita ketahui Kalimantan Barat sangat rawan untuk bermain politik tapi Organisasi persatuan Bugis Kalimantan Barat IDI pada idi(IFI)ini untuk menjaga kemungkinan untuk keterlibatan politik Itu memang penting maka kita adakan kegiatan Tudang mandre sipulung itu artinya makan berkumpul kita duduk bersama, pukasnya.(Ismail)

CATEGORIES
TAGS
Share This