Link Palsu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Beredar di WA

Jakarta – Marak beredar link pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 beredar di WhatsApp (WA). Awas link tersebut palsu!

Pemerintah memang telah memastikan akan melanjutkan program Kartu Prakerja tahun ini. Hingga sekarang jadwal pembukaan pendaftaran gelombang ke-12 belum diumumkan.

Namun di WhatsApp beredar pesan yang berisikan link pendaftaran Kartu Prakerja. Beberapa di antaranya beralamatkan https://dashboard.prakerja12.info/ dan http://dashboard.prakerja12.xyz/.

Dari alamat situsnya sendiri patut dicurigai. Tapi memang orang akan sedikit terkecoh ketika membukanya, karena tampilan situs berusaha menyerupai laman resminya.

Hanya saja kecurigaan bertambah ketika situs-situs tadi meminta nama dan nomor handphone. Kemungkinan besar ini adalah aksi phising yang berusaha mencuri data.

Sebab ketika detikINET membuka situs resmi program Kartu Prakerja, saat pendaftaran kita hanya diminta memasukan email dan membuat kombinasi password. Namun saat ini belum bisa dilakukan.

“Mohon maaf untuk sementara pendaftaran akun Prakerja ditutup dan akan dibuka pada tahun 2021,” begitu keterangan yang tertulis di situs resmi program Kartu Prakerja.

Head of Communication Project Management Officet (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu saat dikonfirmasi menegaskan link yang beredar adalah hoaks.

“Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar,” ujarnya Louisa dilansir dari CNBC Indonesia.

Saat ini Kartu Prakerja hanya memiliki satu situs resmi, https://www.prakerja.go.id/. Pendaftaran peserta baru akan dilakukan secara online melalui situs tersebut. Tidak ada situs lain yang digunakan untuk mendaftarkan program ini.

“Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, Instagram dan Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id,” pungkasnyanya. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This