Mensos Janji Tanggung Jawab Anggota Gafatar di Penampungan

Jakarta, berantasnews.com Sebanyak 1.119 orang pengikut organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) ditampung di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat karena warga sekitar telah menolak mereka.

Saat dikonfirmasi, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengaku, para anggota Organisasi Gafatar yang ditampung akan menjadi tanggung jawabnya.

“Kami akan identifikasi sebenarnya, mereka tahu tidak risiko bergabung dengan organisasi yang tidak legal seperti ini (Gafatar). Kami sudah kirimkan tim untuk mengkaji ke sana,” ujar Khofifah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, para anggota Gafatar yang ditampung akan menjalani pemeriksaan.

“Kita akan identifikasi, sebenarnya mereka tahu tidak, risiko afiliasi yang dilakukan soal legalitas kelompok ini,” katanya.

Khofifah menjelaskan, hampir semua pengikut Gafatar di Mempawah berasal dari Semarang dan Surabaya.

Sekadar informasi, sebanyak 1.119 orang pengikut Gafatar saat ini berada di tempat penampungan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Mereka dievakuasi petugas dari Kabupaten Mempawah karena mendapat penolakan dari warga sekitar.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Barat Ajun Komisaris Besar Arianto, anggota kelompok tersebut, saat ini berada di Detasemen Pembekalan dan Angkutan Komando Daerah Militer XII/Tanjung Pura. (BN)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS