Mentan Andi Amran Sulaiman ; Bukan Pencabutan Subsidi, hanya Realokasi Anggaran.

Bandung – Pernyataan Menteri Pertanian tersebut, mencuat ketika menghadiri Panen Raya bersama Fraksi PKB DPR. RI di Desa Sumber Sari, Kec. Ciparay. Kab. Bandung, Sabtu kemarin 05/08/2017, acara panen raya yang dihadiri ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar dan Ketua Fraksi…PKB DPR. RI, jajaran DPP serta Anggota Komisi IV DPR. RI, dari PKB.

Cak Imin sebutan populer ketua umum PKB, menyatakan mendengar adanya informasi pencabutan subsidi benih petani yang selama ini dialokasikan melalui APBN sebesar 1 Triliun.

Menteri Pertanian, menjelaskan sekaligus meminta produsen benih maupun pejabat yang menangani benih agar mensosialisasikan kepada masyarakat luas khususnya petani. “Bukan Pencabutan Subsidi Benih” akan tetapi “Realokasi Anggaran” subsidi benih, berdasar evaluasi penggunaan dan serapan anggaran subsidi benih Rp. 1 Triliun, sangat rendah hanya 5 persen dari total anggaran yang disediakan, sangat rendahnya serapan anggaran tersebut, akhirnya kami memutuskan untuk merubah sistemnya dari subsidi menjadi pengadaan langsung benih yang dibutuhkan petani serta dibagikan gratis untuk semua petani.

Mohon maaf untuk Pak Ketum, “Informasi” berkaitan subsidi benih tidak ada pencabutan. Kementerian Pertanian terus konsisten mendukung semua usaha tani sesuai dengan instruksi bapak presiden jelas Amran.

Mentan juga menjelaskan bahwa Presiden sudah memerintahkan pengadaan anggaran untuk pengembangan Bibit/Benih Tanaman Rempah dan Hortikultura sebesar Rp. 5,5 Triliun, nanti semua kebutuhan bibit dan benih tanaman rempah dan hortikultura akan dibagikan gratis kepada petani sesuai dengan pemetaan pengembangan dari pemerintah daerah masing-masing dengan mengacu pada keunggulan komparatif komoditas rempah dan hortikultura di daerah sentra produksi rempah dan hortikultura, pada kesempatan panen raya tersebut mentan juga menyerah bantuan berupa alat mesin pertanian, traktor roda empat, roda dua combine harvester, cultivator, power tresher dan pompa air. Bantuan diserahkan kepada petani penerima disaksikan Ketum PKB, Ketua Fraksi PKB. DPR. RI, Anggota Komisi IV DPR. RI, dari PKB serta jajaran DPP PKB.

CATEGORIES
TAGS
Share This