Untung Tri Basuki : Koperasi Melindungi Negara Dari Penguasaan Segelindir Orang

Bandung – Asisten Deputi Keanggotaan Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indoenesia, Untung Tri Basuki, menerangkan bahwa saat ini dunia sedang konsen kepada pencegahan kuasa dunia oleh segelintir manusia. PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) membuat suatu kebijakan untuk melindungi seluruh penduduk dunia dari penguasaan orang orang yang memiliki kekayaan yang tiada batas.

Hal itu juga didukung dan disepakati oleh asosiasi-asosiasi koperasi di dunia guna mencegah “bahaya” jika dunia dikuasai oleh segelintir orang dengan memperkuat koperasi di setiap Negara, ujarnya pada pemaparan diskusi nasional yang diselenggarakan pada puncak perayaan HUT media cetak Sinar Pagi Baru ke-16 di Kota Bandung (02/11) dengan thema “Peran Koperasi Untuk Negara dalam Kemandirian Ekonomi Rakyat & Peran Polri dalam Mendukung Gerakan Koperasi di Indonesia

Untung menilai bahwa di negara maju sudah menerapkan koperasi dalam setiap kebijakan ekonominya. mereka telah melakukan pemerataan kepemilikan dan pemerataan pendapatan. Salah satu contoh kebijakan itu adalah mewajibkan perusahaan untuk memberikan saham kepada koperasi karyawan, ujarnya.

Akan tetapi sangat disayangkan konsen kebijakan ekonomi koperasi di negara kita masih belum menunjukkan hal yang signifikan. Hal ini terlihat dari undang-undang perekonomian nasional yang belum memberikan wadah kepada kegiatan koperasi yang ada, terang Untung.

Untuk itu, dirinya yang berada di posisi Kementerian yang konsen terhadap perkoperasian di Indonesia akan terus mengawal rancangan undang undang yang sedang digodok saat ini sebagai pengganti UU No. 25 Tahun 1992 yang pernah dilakukan judical review oleh masyarakat beberapa tahun lalu. (agus)

CATEGORIES
TAGS
Share This