Arus Mudik Dan Arus Balik Lebaran 2017 Aman Dan Nyaman

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan keberhasilan strategi yang dilakukan untuk mengurai kemacetan pada arus mudik dan arus balik saat Lebaran 2017.

Polri dan segenap stakeholder sukses membuat pemudik nyaman berpergian ke luar kota karena tidak ada kemacetan yang parah, terutama di wilayah seperti Nagreg dan Brebes.

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian menambahkan di wilayah Nagreg dan Brebes memang ada kepadatan tapi tidak ada sampai stuck, apalagi sampai macet berjam-jam. Salah satu kesuksesan itu karena dibukanya tol fungsional atau tol darurat dari Brebes ke Grinsing.

Jalan Tol sepanjang 110 kilometer tersebut dianggap efektif mengurangi kemacetan yang biasanya terjadi di pintu keluar tol Brebes. Dan Kapolri berharap tol fungsional diperbaiki, mulai dari jalur hingga fasilitasnya.

Jadi saya kira Lebaran tahun depan, saran kita, agar tol fungsional yang sudah ada mudah-mudahan jadi, sehingga bisa beroperasi penuh sampai dengan Semarang. Ujar Kapolri

Selain itu, lancarnya lalu lintas mudik dan arus balik karena dibangunnya empat jalan layang dari Brebes ke arah Selatan. Tahun lalu, pemudik harus melewati sejumlah lintasan kereta api yang membuat antrian panjang di jalur Brebes dan dengan adanya jalan layang tersebut, pemudik bisa menghindari lintasan tersebut.

Saat operasi Ramadniya baru digelar, diperkirakan ada kepadatan di daerah Cipali, Cikampek dan Nagreg. Namun, kita pastikan kepadatan kendaraan tak separah tahun-tahun sebelumnya Dan kesuksesan tersebut tak lepas dari peran Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga, hingga TNI atas pelayanan selama arus mudik dan arus balik berlangsung. (Sri S)

CATEGORIES
TAGS
Share This