Jelang Pemilu, Dandim Ajak Warga Pontianak Jaga Kedamaian

Pontianak – Komandan Kodim 1207/Berdiri Sendiri, Letnan Kolonel Arm Stefie Djanje Nuhujanan menghadiri acara Silaturahmi Kebangsaan yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pontianak di Ball Room Hotel 95, Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak, Kamis (31/1/19).

Dandim 1207/BS, Letnan Kolonel Arm Stefie Djanje Nuhujanan dalam sambutannya, mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang selalu menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, selain itu Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang plural yang memiliki berbagi macam suku, etnis dan bahasa serta enam agama yang resmi diakui oleh pemerintah yaitu, Protestan, Hindu, Buda, Islam, Khatolik dan Konghucu.

Oleh karenanya, kerukunan umat beragama menjadi faktor yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan beragama,” tegas Dandim 1207/BS.

Untuk itu diperlukan komitmen dan peran serta seluruh komponen masyarakat, terutama tokoh agama dan pemerintah dalam menjaga kerukunan beragama tersebut, ujar Dandim.

Dikatakannya juga, menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019, perlu menjadi perhatian bersama, jangan sampai dikaitkan dengan isu agama. Kondisi tersebut tentunya berpotensi meningkatkan suhu politik, sehingga akan menjadi ancaman dan menimbulkan konflik yang dapat menggoyahkan kedamaian yang sudah tercipta selama ini.

Dandim 1207/BS berharap gelaran pesta demokrasi 2019 tidak ada oknum oknum peserta pemilu yang memanfaatkan isu Agama sebagai bagian dari kampanye politiknya, baik yang dilaksanakan secara terang-terangan maupun secara sembunyi.

Melalui forum tersebut Dandim 1207/BS mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk saling memberikan masukan dan mengingatkan untuk senantiasa menjaga kerukunan, bersama-sama menjaga kebhinekaan dan senantiasa memelihara persaudaraan demi Kota Pontianak yang damai.

Tampak hadir, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Kasar Bimas Polresta Pontianak Kompol Sriharyanto, Ketua FKUB Pontianak, Ketua Paguyuban Jawa Kalbar, Ketua Kerukunan Keluarga Batak, Paguyuban Masyarakat Sunda, Ikatan keluarga Madura (IKBM), Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kota Pontianak. (Pendam XII/Tpr). (Ismail)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS