Lurah Bunut Datang ke Kebun Hidroponik Dasa Wisma Melati

Sanggau – 24 maret 2018 Lurah Bunut kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Yacob Horhoruw beserta pengurus PKK Kelurahan Bunut berkunjung ke Dasa Wisma Melati Projal .

Kunjungan non formal ini dilakukan setelah ada panen sawi dan saledri dengan berat 20 kg di kebun hidroponik milik keluarga Djareen salah satu pengurus Dasa Wisma Melati. Kunjungan ini tidak di rencanakan sebelumnya karena baru saja melakukan panen di kebun hidroponik di tempat itu.

Suparmi salah satu warga dan anggota Dasa Wisma mengatakan bahwa cara bertanam hidroponik ini sedang naik daun.
Cara ini digemari karena untuk menanam tanaman tidak lagi diperlukan tanah dan lahan yg luas, akan tetapi hanya dengan menggunakan Media air dan nutrisi saja.
Dikatakan pula bahwa peralatan tidak harus barang yang baru, barang bekas seperti gelas plastik aqua dan gabus stereofoam dapat di gunakan disini, dan memang harus di perhatikan juga aspek air dan nutrisi yang benar dan tepat, sehingga tanaman bisa terserap dengan sempurna.
Menanam dengan cara hidroponik ini diantaranya hemat, lahan terbatas, ramah lingkungan dan bersih.

Mendengar penuturan dan penjelasan Suparmi, Lurah Bunut (Yacob Horhoruw) senang dan gembira karena sudah ada warga Dasa Wisma yang piawai dalam hal ini, serta bisa menghasilkan sebagai penghasilan tambahan keluarga atau di PKK di sebut UP2K yang artinya Usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Dasa Wisma Melati ini bisa menjadi contoh ke 14 Dasa Wisma yang lain yang berada di wilayah Kelurahan Bunut.
Menurutnya bukti kerja nyata PKK ini dalam pelaksanaan 10 program pokoknya di pandang baik atas manfaatnya, baik bagi Dasa Wisma itu sendiri maupun bagi masyarakat umumnya.

Selaku Lurah Bunut beliau katakan saya back up untuk kegiatan penanaman tanaman secara hidroponik. Pengurus PKK kelurahan diharap segera buatkan program rencana PKK kelurahan Bunut tahun 2018, selanjutnya kita telusuri Leading Sector yang ada untuk dapat membantu gerakan penanaman secara Hidroponik ini sebagai kegiatan pemberdayaan PKK di Kelurahan Bunut.

Ilmu untuk bertanam secara hidroponik ini akan diatur pertemuannya langsung ke tempat kebun percontohan Dasa Wisma Melati dengan mengundang 14 Dasa Wisma yang lain untuk berbagi pengetahuan agar Dasa Wisma yang lain dapat pula meningkatkan UP2K nya masing-masing, tuturnya. (heni)

CATEGORIES
TAGS
Share This