Proyek Reklamasi Akhirnya Di Hentikan

Jakarta, berantasnews.com Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengikuti rapat koordinasi Kementerian dan Gubernur DKI Jakarta di Gedung Kemenko Maritim, Jakarta, 18 April 2016. Rapat tersebut membahas rencana kelanjutan ijin program reklamasi di Teluk Jakarta.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akhirnya bersepakat dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menunda proyek reklamasi di Teluk Jakarta. “Kami setuju, supaya polemik selesai,” kata Ahok di Kemenko Kemaritiman

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan Bramantya Satyamurti, dan Ahok, semua pihak akan membentuk joint committee atau komite gabungan untuk membahas masalah reklamasi.
Ahok mengatakan pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan menghentikan sementara proyek reklamasi. Ahok menambahkan bahwa proyek tersebut tidak ada yang salah dalam reklamasi. tidak menyebabkan Jakarta tenggelam ataupun ikan-ikan mati. “Kami sadar ternyata ada tumpang-tindih antar-peraturan,” ujar Ahok.

Hasil pertemuan tersebut, menurut Ahok, juga menguntungkan Pemprov DKI, karena pelabuhan yang awalnya meliputi Pulau O, P, serta Q dibulatkan menjadi Pulau M, N, O, P, dan Q. Pulau tersebut akan dijadikan pelabuhan atau Port of Jakarta. Pembangunan ini bekerja sama dengan Port of Rotterdam.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS