Satgas Pangan Melakukan Pemeriksaan Pengepul CAbe Rawit Merah (CRM) Di Wilayah Lombok

Lombok – Terkait dengan gejolak harga CRM di wilayah Lombok NTB, pada tgl 18 Mei 2017 satgas Pangan Bareskrim bersama dengan Kementan melakukan pengecekan stock dan harga CRM di 5 pasar yang berada di wilayah Lombok, antara lain Pasar Paok Montong, pasar Masbagik, Pasar Keru, Pasar Dasan Agung, san pasar induk Mandalika.

Harga CRM di ke-5 pasar tersebut antara Rp 55 ribu sd Rp 65 ribu / Kg. Padahal berdasarkan pengecekan harga di tingkat petani yaitu Rp 17.000 – Rp 18.000 / Kg.

Wilayah Lombok termasuk centra produksi CRM yang mensupplay CRM ke Pasar Induk Kramatjati, sehingga tidak mungkin harga CRM di lombok bisa naik signifikan.

Penyidik kemudian melakukan pemeriksaan terhadap 6 Pengepul Besar Cabe di Wilayah Lombok, dan direncanakan 3 Pengepul cabe lainnya akan diperiksa di Jakarta minggu depan.

Hari ini diketahui harga CRM di wilayah Lombok turun sekitar Rp. 5000/ kg. Satgas pangan akan terus mengidentifikasi penyebab naiknya harga CRM di wilayah Lombok. Tentunya akan dilakukan tindakan penegakan hukum apabila terdapat pihak yang sengaja melakukan kejahatan sehingga mengakibatkan harga CRM. Satgas sedang bekerja untuk mengidentifikasi hal tersebut.

CATEGORIES
TAGS
Share This