Sosialisasi Rutilahu di Desa Mekar Jaya Kondusif Dan Sukses

Bekasi – Kades Mekar Jaya Kecamatan Kedungwaringin H. Apendi mengadakan sosialisasi program rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang di selenggarakan di Aula desa Mekar Jaya Jumat 10/11/1017.

Acara Sosialisasi tersebut dihadiri Camat Kedungwaringin Dodi Gandi serta dihadiri 30 warga selaku penerima manfaat. Dalam sosialisasi tersebut diharapkan agar warga selaku penerima manfaat bisa menggunakan anggaran sebesar Rp15 juta dengan baik. Dengan adanya program rutilahu dari pemerintah daerah Kab. Bekasi maka warga Desa Mekar Jaya tidak lagi buang hajat di kali atau di empang.

”Dengan adanya program Rutilahu ini warga saya tidak ada lagi yang buang hajatnya di helikopter di atas empang. Dan harus bersyukur yang tadinya tidak ada kamar mandi sekarang bisa di buatkan kamar mandinya,” jelas Apendi.

Menurut Apendi, dirinya berharap dengan anggaran Rp15 juta yang di terima langsung oleh pemanfaat agar bisa digunakan maksimal dan bisa terwujud.

”Kita semua ikut mengawasi dan mengawal 30 warga penerima manfaat agar hasilnya bisa maksimal. Dengan adanya program ini, tentunya sangat terbantu, dan rumahnya menjadi nyaman dan tentram,” harapnya.

Camat Kedungwaringin Dodi Gandi dalam pemaparannya mengatakan, salah satunya yang mendapatkan program Rutilahu tanahnya harus miliki sendiri, pembuatan rekening untuk pencairan uangnya senilai Rp 15 juta setiap penerima pemanfaat.

Dodi Gandi menghimbau kepada yang mendapatkan bantuan program Rutilahu semisal ada yang meminta jatah preman atau jatah yang mengatas namakan Camat atau Kepala Desa bisa langsung melaporkan kepada dirinya atau langsung ke pak lurah.

”Kalau ada yang minta jatah dari mana pun segera laporan, jangan sampai terjadi seperti di Kecamatan yang lain, yang sampai saat ini terkena hukuman 6 tahun. Maka dari itu gunakan uang Rp15 juta untuk pembagunan rumah. Jangan sampai digunakan untuk bayar hutang atau untuk beli kendaraan,” tegasnya.

Dijelaskan Dodi Gandi, bahwa program Rutilahu ( Rumah Tidak Layak Huni ) ini benar-benar harus di rinci sekicil apa pun penggunaan dan pengeluarannya untuk peng SPJ annya.

”Sekali lagi untuk masyarakat yang mendapatkan bantuan program Rutilahu ini agar di manfaatkan dengan baik. Dan terima kasih buat masyarakat Desa Mekar Jaya yang sudah menyempatkan waktunya datang di acara ini,” pungkasnya. (budi/sur)

CATEGORIES
TAGS
Share This