Tiga Wartawan Senior Lolos Seleksi Calon Anggota Kompolnas

Jakarta,berantasnews, Tiga wartawan senior yakni Gardi Gazarin, Nuruddin Lazuardi, dan Edi Sap[utra Hasibuan lulus dan lolos seleksi calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode2016-2020. Mereka lolos setelah menjalani tes tahap dua yakni ujian tulis bagi calon komisioner yang digelar pada 10 Maret 2016.

“Ujian tulis ini diikuti sebanyak 81 calon dimana cuma hadir 80 peserta, satu orang terlambat dan didiskualifikasi. Dari hasil pemeriksaan ujian tertulis, dinyatakan lulus dan lolos 50 orang,” kata Ketua Pansel Komjen (Pur) Imam Sudjarwo di gedung Kompolnas PTIK Jakarta, Kamis (15/3).

Dari total 50 orang yang lulus dan lolos itu, sebanyak dua wanita dan sisanya 48 pria. Latar belakangnya adalah pakar kepolisian 14 orang yang terdiri dari 10 orang purnawirawan dan non Polri empat orang. Adapun 36 lainnya adalah tokoh masyarakat. “Selanjutnya akan dilakukan asessment test pada 20-24 Maret 2016 di lantai 10 Gedung TNCC Mabes Polri,” lanjut mantan Irwasum Polri ini.

Tes assessment, tambah Sarlito Wirawan Sarwono, anggota Pansel, tidak berbeda jauh dengan tes fit and proper test, namun dengan metodelogi yang berbeda. “Di test Komplonas ini kami menggunakan metode yang terukur dengan meminta peserta untuk mendeskripsikan terkait job analistis tentang jabatan yang akan diembannya. “Minimal ada empat point yang harus dideskripsikan, sehingga kita akan tahu kualitas calon kompolnas itu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, bagaimana cara rekrutmen untuk menjabarkan job analistis tersebut. “Jadi tugas mereka ke depannya bisa terukur apa yang dikerjakan, memiliki kemampuan dalam menganalisa setiap permasalahan yang muncul di Komplonas serta memberi masukan ke Polri,” tambahnya.

Juga dalam tes assessment ada diskusi, simulasi yang cakupannya lebih tinggi. “Jadi kami ingin melihat pskilogis para calon Kapolnas. Mengingat setiap test yang disampaikan ke para calon komisioner ini berkaitan dengan job analistis yang mereka buat,” lontarnya sambil menambahkan tes assessment akan dilakukan pada 20 – 24 Maret 2016 di gedung mabes Polri.

Disisi lain, Pansel tetap membuka kesempatan pada masyarakat hingga 11 April untuk memberikan info/track record para peserta seleksi. Informasi tersebut dapat dilakukan melalui situs pansel.kompolnas.go.id ataukompolnas.go.id. Nantinya akan ditindaklanjuti sebagai salah satu bahan memilih 24 orang, lalu diseleksi menjadi 12 calon anggota Kompolnas yang akan diserahkan kepada Presiden.

Presiden akan memilih enam orang terbaik yang akan dilantik sebagai anggota Kompolnas. Dari enam orang tersebut, tiga di antaranya dari unsur masyarakat dan tiga lainnya dari pakar kepolisian.(Sri S

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS