EL JOHN Kenalkan Pariwisata Lewat Putri-Putrinya

Jakarta – Potensi pariwisata Indonesia yang begitu besar sangat bisa untuk mendatangkan tambahan devisa, akan tetapi pengelolaan pariwisata belum sepenuhnya dilakukan terlebih terkait promosi. Melihat hal tersebut, EL JOHN Pageants di bawah pimpinan Johnnie Sugiarto berhasrat untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.

Menurut Johnnie, pariwisata tidak berpengaruh dengan hiruk pikuk politik yang ada di Jakarta. Hiruk pikuk politik di Jakarta tidak mempengaruhi potensi pariwisata di Indonesia. Pariwisata tetap berjalan dengan baik, walaupun terdapat demo-demo seperti yang terjadi belakangan ini. Karena itu hanya terjadi pada hari itu saja, sehingga semua orang bersyukur karena demonya itu sesuai dengan target mereka hanya menyampaikan pesan kepada pemerintah.

Dan itu dilakukan dengan damai sesuai dengan yang dikatakan oleh mereka bahwa aksi tersebut adalah aksi damai, sehingga mereka buktikan dengan menggelar aksi yang benar-benar damai. “Menurut saya itu merupakan sebuah kegiatan yang sangat luar biasa, sehingga tidak mempengaruhi dampak negatif dari pariwisata,” ujarnya di Jakarta, Rabu (07/12/16) kemarin.

Lebih lanjut Johnnie menjelaskan untuk pariwisata sendiri setiap tahunnya tumbuh, tergantung berapa persen tumbuhnya. Kalau di suatu kota tidak ada kegiatan atau event maka pertumbuhannya akan lambat. Begitupun sebaliknya jika eventnya banyak maka pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat. Di Indonesia sendiri pertumbuhan pariwisata mencapai 2 digit, artinya tumbuh hingga 10% setiap tahunnya.

Menjelang natal ataupun tahun baru pada umumnya pariwisata melonjak. Karena pada saat itu banyak orang yang ingin berlibur. Dan kita sangat bersyukur di tahun ini ternyata dari airlines sudah menyiapkan extra flight untuk penerbangan penumpang ke kota-kota di Indonesia. Jadi yang berlibur ke Manado, Medan, Bangka Belitung, Makassar, dan Ambon itu semakin banyak pesawatnya. Sehingga orang akan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan wisata di dalam negeri ketimbang orang berwisata ke luar negeri.

Event seperti ini sebenarnya kita fokus untuk mempromosikan Indonesia di luar negeri. Jadi kita ingin Indonesia lebih dikenal oleh dunia Internasional. Karena selama ini, terutama 2 tahun ke belakang banyak orang kalau promosi Indonesia orang luar, tanya Indonesia dimana ya…? Di sebelah mananya Bali. Kemungkinan mereka belum mengenal Indonesia secara baik, dengan adanya kita yang sering mempromosikan Indonesia, nama Indonesia selalu dipanggil di atas panggung maka akan memberikan dampak yang sangat positif.

Kalau kita sudah keluar negeri kita tidak lagi membawa nama EL JHON tapi membawa nama Indonesia. Untuk tahun ini kami akan memperkenalkan budaya dari Bali dan Jakarta melalui unjuk bakat. Karena seperti yang kita tahu potensi wisata di Bali itu terkenal dengan pantainya yang indah. “Sedangkan di Jakarta potensi wisatanya kita kenalkan kota wisata seperti kota tua dan Taman Mini Indonesia Indah karena di sana kita bisa melihat miniatur dari seluruh Indonesia. Jadi promosi budaya lebih kental, dan yang kedua kita promosikan kuliner karena di Jakarta seluruh makanan ada di sini. Dan yang ketiga promosi belanja, semua merk-merk terkenal dunia ada di Jakarta,” katanya.

Destinasi di Indonesia, tambah Johnnie, bertumbuh terlebih pemerintah telah membuka 10 destinasi baru. Yang membuat orang mempunyai pilihan destinasi bukan hanya 1 destinasi saja seperti Bali, tapi ada pilihan destinasi lainnya. Pemerintah pun saat ini sedang mempromosikan destinasi yang ada di Lombok, Mandalika, Morotai dan lainnya. Jadi banyak di daerah-daerah yang menjadi Bali baru. Semuanya ada 10 tempat yang sedang dipromosikan oleh pemerintah seperti Tanjung Lesung dan Bangka Belitung. Pemerintah sedang giat-giatnya mempromosikan 10 destinasi tersebut.

Peran EL JOHN secara investasi tidak kami lakukan, namun kami membantu mempromosikannya lewat putri-putri kita setiap kali keluar negeri. Seperti sekarang ini kami membawa misi mempromosikan Jakarta dan Bali. Tahun depan kita akan lihat putri-putri kita berikan pengetahuan-pengetahuan tentang pariwisata. “Mungkin tahun depan promosi adalah misalnya Mandalika, Lombok atau promosi lagi mengenai under water atau Raja Ampat. Jadi setiap tahunnya kami promosinya berbeda-beda apalagi EL JOHN membawa 10 putri ke dunia Internasional. Dengan membawa 10 putri itu maka kita akan membawa kesepuluh destinasi yang ada, karena masing-masing putri bisa membawa 1 destinasi,” tutupnya. (Elwan)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS